Terkait Kasus Dwelling Time , Polda Sumut Belum ‘Main’ Di Pelabuhan Belawan

Medan.Metro Sumut
Pihak Polda Sumut masih mengumpulkan bahan keterangan (Pulbaket) dalam kasus dugaan pidana lamanya proses bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Belawan. Kamis (03/09/2015).

Informasi yang dihimpun Media ini, Kombes Pol Ahmad Haydar Direktur Ditreskrimsus Polda Sumut mengatakan selain pulbaket, untuk mengusut kasus tersebut, pihaknya juga telah mengirim tim ke Polda Metro Jaya untuk belajar penanganan kasus itu,“ Setelah beredarnya penyelidikan tentang kasus ini di Polda Metro Jaya, kami telah mengirimkan tim untuk mempelajari proses penanganan kasus itu. Hingga saat ini, kami masih bersifat pulbaket di Belawan “ Katanya.

Sebelumnya, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Edy Suwandono melalui Kabid Humas Kombes Pol Helfi Assegaf mengaku, Polres Pelabuhan Belawan telah membentuk tim khusus untuk mengusut kasus itu. Diakui, penyelidikan itu berupa pencarian data dari pihak Pelindo dan dinas terkait yang ada di pelabuhan,“ Tim yang turun masih hanya sebatas melakukan pendataan. Berdasarkan hasil penyelidikan awal, ditemukan memang ada penguluran waktu yang dianggap wajar. Namun, tim juga menemukan penguluran waktu yang dianggap tak wajar. Untuk itu, penyidik masih mempelajari hal yang menyebabkan penguluran waktu tak wajar itu dapat terjadi “ Ucapnya.

Sementara Komisi D DPRD Sumut telah membentuk tim investigasi untuk melihat secara langsung banyaknya keluhan maupun protes dari berbagai pihak, terkait lamanya proses bongkar muat di Pelabuhan Belawan, sehingga sangat menganggu stabilitas ekonomi serta mempertinggi biaya bagi eskportir dan importir.


Hal itu diungkapkan anggota Komisi D DPRD Sumut Ir Astrayuda Bangun, seusai menerima pengaduan dari masyarakat menyangkut lamanya proses bongkar muat di Pelabuhan Belawan. “Komisi D sepakat untuk membentuk tim investigasi melihat secara langsung pengaduan masyarakat tentang dwelling time di Pelabuhan Belawan. Kita segera masukkan ke Banmus (Badan Musyawarah), agar tim bisa langsung bekerja “ Ungkapnya.(Red).

Tidak ada komentar