Wali Kota Medan Soft Launching Medan Command Center

Medan.Metro Sumut
Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H melakukan Soft Launching Medan Command Center di kantor Wali Kota Medan, Rabu (26/12). Keberadaan Medan Command Center ini merupakan bentuk komitmen Pemko Medan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi dan menjadikan Medan Smart City.

Soft Launching Medan Command Center ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Medan, kemudian sebelum memasuki ruangan Command Center, Wali Kota melakukan Scan Wajah menggunakan Face Terminator, hal ini dilakukan untuk membatasi orang yang masuk kedalam Command Center.

Selanjutnya Wali Kota melakukan pengujian pengoperasian Medan Command Center, diantaranya Aplikasi Medan Rumah Kita yang terintegrasi dengan Aplikasi SPAN LAPOR yang dikelola Pemerintah Pusat dan pengintegrasian OPD di lingkungan Kota Medan serta pemantauan wilayah dengan menggunakan kamera CCTV.

Dikatakan Wali Kota Medan, Command Center adalah bagian dari upaya menuju Medan Smart City, Artinya Medan sebagai Kota Pintar, menuntut pengawasan yang harus dilakukan secara pintar dengan cara penggunaan teknologi canggih dalam fungsi monitoring Kota Medan.

"Pemanfaatan Teknologi terkini juga dapat mengurangi potensi KKN dengan cara mengencangkan berbagai macam program berbasis teknologi. Artinya dengan adanya Command Center ini dapat mempermudah Pemerintah Kota dan masyarakat melalui sistem pelayanan berbasis teknologi canggih yang terintegrasi", kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, Demi bisa mewujudkan kota Medan yang bergerak lebih cepat, lebih tanggap dan lebih cakap dalam mengikuti perkembangan zaman, tentu harus dilakukan pemanfaatan teknologi canggih, meskipun dengan investasi yang mahal, akan tetapi sangat berguna untuk menghadapi perkembangan kemajuan dunia yang sangat cepat. Selain itu berguna untuk meningkatkan daya saing di kancah persaingan global.

"Tugas utama menyangkut teknologi adalah melakukan pemetaan yang menyeluruh terhadap kebutuhan yang paling mendasar yaitu peningkatan sumber daya manusia yang mumpuni serta pengembangan sarana dan prasarana dalam berbagai bidang informasi komunikasi dan teknologi", ujar Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota berharap dengan Medan Command Center ini , nantinya Masyarakat Kota Medan akan dapat terlayani dengan maksimal dan kinerja Pemerintah Kota Medan juga akan lebih maksimal. Apalagi Kota Medan telah meraih penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2018 dari pemerintah pusat melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.

"Dengan adanya Command Center ini akan semakin menjadikan program Smart City berjalan dengan sukses, insya Allah nantinya dapat membuat kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik, aman, nyaman dan sejahtera", harap Wali Kota.

Sebelumnya Kadis Kominfo Zain Noval S.STP, M.AP menjelaskan Medan Command Center dihadirkan untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat. Selain memiliki Command Center, Kota Medan saat ini memiliki Data Center yang dikelola sendiri. Artinya seluruh data di Setiap OPD berada dalam satu data center.

"Keberadaan Command Center ini dapat mempermudah Pimpinan untuk mengambil keputusan jika terdapat permasalahan di tengah masyarakat. Artinya pimpinan dapat memonitor seluruh pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Melalui teknologi informasi Selain itu Memudahkan interaksi diantara OPD dan Juga terhubung dengan Aplikasi Medan Rumah Kita dan Aplikasi SPAN LAPOR yang dikelola Pemerintah Pusat", jelas Kadis Kominfo. (Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan).

Tidak ada komentar