Amran Utheh Tinjau Tanah Longsor Batu Badar Di Tanjung Medan

Rantauprapat.Metro Sumut
Drs. Amran Utheh, M.AP Pj. Bupati Labuhanbatu didampingi Asisten Ekbang Faisal Amri Siregar, ST, Kaban Kesbang Pol Linmas Hasnul Basri, S.Sos, Kadis Cipta Karya H. Mas’ud, ST, Kabag Humas Infokom Drs. Sugeng dan Camat Bilah Barat H Aidi Syahmir Hasibuan, SIP serta Kasat Pol PP Abdul Haris Nasution, secara bersama-sama meninjau tanah longsor bantaran sungai bilah yang ada di Dusun Batu Badar (Aek Monang) Desa Tanjung Medan, kecamatan Bilah Barat, Labuhanbatu. Selasa (17/11/2015).
          
Informasi yang dihimpun Media ini, Pj. Bupati Labuhanbatu Drs. Amran Utheh, M.AP meminta kepada warga masyarakat agar menanam pepohonan didaerah bantaran sungai dengan tanaman jenis pohon waru atau bamboo, dengan adanya pohon jenis tersebut nantinya dapat berfungsi untuk menahan erosi atau longsor jika musim penghujan datang.

Mantan Kadis Pendidikan Labuhanbatu Amran Utheh  mengatakan untuk menanggulangi tanah longsong di bantaran sungai bilah dimaksud, agar tidak menggerus badan jalan dan segera dilakukan pemasangan beronjong sepanjang 500 meter dengan mempergunakan dana tanggap darurat sepanjang masih mencukupi untuk membangun beronjong dan jembatan rambin, bila tidak mencukupi ia meminta kepada Asisten Ekbang agar anggarannya dibawakan dalam APBD Tahun Anggaran 2016 “ Katanya.          

Lanjut Amran Utheh, Saya minta kepada Asisten Ekbang dan Dinas terkait untuk mengatasi musibah ini dengan menggunakan dana tanggap darurat untuk membangun beronjong dalam hal mengatasi tanah longsor tersebut, sedangkan untuk memperbaiki atau membangun jembatan rambin, saya minta Kepala Desa dapat menggunakan dana ADD yang ada “ Ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Medan, Zulham Rambe ketika dikonfirmasi, bahwa banjir sungai bilah tersebut terjadi seminggu yang lalu akibat air hujan yang turun cukup lebat di hulu sungai, akibatnya air sungai meluap dan menggenangi rumah penduduk yang berada di daerah bantaran sungai,“ Selain tanah longsor banyak juga peralatan elektronik rumah penduduk yang terendam, namun sampai saat ini tidak ada korban jiwa “ Tuturnya.


Zulham menjelaskan, banjir kiriman tersebut selain melongsorkan bantaran sungai bilah dan hampir menggerus badan jalan di Tanjung Medan, akibatnya juga telah merusak jembatan rambin di Tebing Linggahara yang disebabkan tertimpa pohon mangga yang tumbang diterjang air bah,“ Kami berharap kiranya masalah tanah longsor dibantaran sungai bilah ini dapat segera diatasi agar tidak lebih meluas lagi “ Jelasnya.(Rusman).

Tidak ada komentar