Upaya Pengoprasian TPFT Di Pelabuhan Belawan, ALFFI Mengapresiasi

Medan.Metro Sumut
Upaya pengoperasian Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) yang dibangun Desember 2014, guna memangkas panjangnya Dwelling Time (waktu tunggu barang) di Pelabuhan Belawan Asosiasi Logistik Freid Forwarding Indonesia (ALFFI) mengapresiasi,. Rabu (12/08/2015).
Ketua ALFFI Kota Medan Surianto apresiasi, karena selain memperlancar juga mempercepat distribusi barang dari pelabuhan dan kita memang sangat menerima ini “ Kata Ketua ALFFI Kota Medan Surianto terkait terbitnya rekomendasi Ombudsman RI atas upaya peng­operasian TPFT tersebut.

Lanjut Surianto, pelaku usaha yang terdiri dari gabungan eks­pedisi angkutan laut yang sangat rentan merasakan dwelling time yang bisa mencapai 10 – 15 hari lamanya. Akibatnya pada biaya tinggi, dan ikut pengaruhi nilai barang karena bertambah besarnya biaya saat di pelabuhan “ Ucapnya.

Surianto yang juga anggota DPRD Medan ini menunjuk ada tiga lembaga penting di wilayah Pelabuhan Belawan yakni Bea Cukai, Karantina dan Imigrasi yang seharusnya menjadi satu atap. Ini penting agar seluruh birokrasi di pelabuhan bisa terpangkas mulai dari check kapal sandar sampai pada kontainer/barang yang akan keluar dari pelabuhan.

Surianto menjelaskan, dengan pe­rampingan kerja pada ketiga lembaga tersebut, Ketua Fraksi Partai Gerindra Medan ini optimis persoalan dwelling time di pe­labuhan Belawan khususnya dapat terminimalisir. Demikian juga bila TPFT dioperasionalkan segera, Ini akan sangat menolong “ Jelasnya.

Surianto sangat mendukung upaya pembenahan di pelabuhan dan ini mungkin mulai dirasakan. Tidak hanya di Pelabuhan Belawan tapi merata diseluruh provinsi di Indonesia ini, Persoalan birokrasi di pelabuhan yang panjang hanya di Indonesia, diluar tidak sepeti ini. Tak ada pelayanan beda-beda begini yang seharusnya bisa dipercepat “ Umgkapnya.

Surianto menambahkan, efek dari pengoperasian Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu (TPFT) akan mengurangi dana-dana siluman yang memicu biaya tinggi. Pihaknya optimis dunia usaha akan semakin terbantu oleh proses waktunya yang semakin singkat.(Hamnas).



Tidak ada komentar