PT Pelindo 1 Sharing Session Dengan Tantri Abeng

Medan.Metro Sumut
Transformasi adalah bagian terpenting perusahaan untuk maju menjadi garda terdepan dalam bisnisnya. Hal ini disampaikan Tanri Abeng dalam Sharing Session bersama karyawan PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, Kamis (12/5) di Medan. Tanri menjadi pembicara dalam sharing session yang bertema “How to Transform Pelindo 1 into a Global Player”.  Kehadirannya diharapkan dapat membagi pengalaman kesuksesannya dalam melakukan transformasi bisnis di berbagai perusahaan baik swasta ataupun pemerintah yang pernah digelutinya dengan kesuksesan. Diharapkan dengan sharing ini dapat memotivasi para pelaku bisnis di Pelindo 1 untuk menjadikan Pelindo 1 sebagai “Global Player”.

Siapa yang tidak kenal Tanri Abeng. Namanya sangat lekat sebagai Menteri BUMN Pertama di Indonesia, sebelumnya ia juga popular dengan sebutan “Manajer Satu Milyar”. Tanri Abeng, seorang manajer handal Indonesia. Ia adalah ikon majaner profesional Indonesia. “Pada masanya, ia pernah dijuluki Manajer Satu Milyar karena manajer yang memiliki gaji tertinggi di Indonesia saat itu. Setelah mencapai puncak karir sebagai CEO, ia pun dipercaya menjabat Menteri Negara Pemberdayaan BUMN Pertama di Indonesia pada Kabinet Pembangunan IV dan Kabinet Reformasi.” sambut Bambang Eka Cahyana  Direktur Utama Pelindo 1 dalam membuka Sharing Session tersebut.

“Sharing session dengan Bapak Tanri Abeng, diharapkan karyawan Pelindo 1 dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan “How to Transform Pelindo 1 into a Global Player”, sehingga para karyawan termotivasi untuk menerapkannya di perusahaan kita yang saat ini memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi global company, apalagi dengan keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Hub Port Indonesia, “ucap Bambang.

Tanri Abeng mengatakan terdapat tiga kata kunci dalam transformasi yaitu mindset shift, leadership capacity dan management skill.  “Terutama Pelindo 1 sudah melakukan trnsformasi mulai dari logo baru, budaya perusahaan yang baru dan adanya Mars Pelindo 1. Hal ini merupakan salah satu langkah dalam transformasi,” Tanri mengawali sharingnya.

Selain Mindset, ia menegaskan bahwa leadership yang kuat juga diperlukan. “Leadership transformation toward action itulah yang diperlukan oleh sebuah perusahaan yang ingin meraih skala yang besar dalam bisnisnya. Seorang pemimpin yang bagus adalah pemimpin yang mempunyai visi, values dan keberanian. Dalam leadership dibutuhkan pemimpin yang bisa mengikuti dan menyesuaikan dengan perubahan, terangnya. Dan faktor lainnya, management skill juga hal penting, dimana perlunya penguatan strategi perusahaan, system yang baik, skill maupun scale dan speed perusahaan seperti teknologi informasi.

Dengan gaya bicara yang tenang, Tanri membagi pengalaman keberhasilannya ketika menjabat sebagai Menteri BUMN dan membangun BUMN yang merugi menjadi untung dengan mendobrak kultur perusahaan dan melakukan transformasi sehingga menjadi perusahaan besar. Tanri mencontohkan seperti Garuda Indonesia dan Mandiri. Dibawah manajemennya sebagai Menteri BUMN, ia mampu memilih pemimpin-pemimpin yang tepat dalam membesarkan perusahaan tersebut.

Menurut Tanri, Pemimpin & SDM akan menetukan seberapa besar dan bagus sebuah perusahaan tersebut. Ia mengatakan bahwa Pelindo 1 mempunyai peluang besar untuk menjadi perusahaan Global Company. “Pelindo 1 mempunyai peluang untuk menjadi Global Player, apalagi BUMN lebih cenderung memiliki “Trust” yang kuat dibandingkan perusahaan swasta. Diharapkan BUMN harus menjadi perintis sebagai  pemain global / global Player,” tutup Tanri.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menjelaskan bahwa kegiatan sharing session ini rutin dilakukan oleh Manajemen Pelindo 1 yang bertujuan selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, juga untuk memupuk semangat karyawan “Saat ini BUMN dituntut untuk pro aktif dan agresif serta inovatif dalam mengembangkan bisnis. Kegiatan ini diharapkan memotivasi karyawan sebagai pelaku bisnis yang harus bersaing dikancah global,” ujar Fiona.


Sharing session kali ini dihadiri oleh Jajaran Direksi, para pejabat struktural, para seluruh General Manager dilingkungan Pelindo 1. Sebelum itu, siangnya Pelindo 1 juga mengadakan kegiatan ini,  bersama mitra dan BUMN di Sumatera Utara dalam tema sharing session “Turning Crisis Into Opportunity” yang di selenggarakan di Hotel JW Marriot Medan.(Hamnas)

Tidak ada komentar