Hujan Semalaman, Ribuan Rumah Di Medan Terendam Banjir

Medan.Metro Sumut
Hujan semalaman yang turun didaerah Kota Medan, mengakibatkan ribuan rumah warga di sejumlah kecamatan di Kota Medan terendam banjir. Ini akibat meluapnya sejumlah drainase yang tak mampu menampung debit air hujan yang turun selama semalaman. Rabu (25/11/2015). 

Informasiyang berhasil dihimpun Media ini, kawasan yang paling parah terendam banjir adalah kawasan Universitas Sumatera Utara (USU), Jalan Dr Mansyur, Kecamatan Medan Baru dan kawasan Kecamatan Medan Marelan.

Genangan air di dua kecamatan ini hingga siang ini belum juga surut, dan berpotensi bertambah tinggi mengingat hujan masih turun. Ketinggian air mencapai 1 meter lebih. 

Anggi (35) salah satu warga Kota Medan mengatakan kawasan lain yang juga terendam banjir adalah Jalan Jamin Ginting Gang Dipanegara dan Gang Bahagia. Lalu, Jalan Sei Padang, Kompleks Pamen Padang Bulan, Jalan S Parman Gang Pasir, dan Gang Mandor Kelurahan Beringin, Medan Selayang, Banjir ini karena Sei Babura meluap “ Katanya. 

Lanjut Anggi, Banjir di kawasan USU mengakibatkan kemacetan panjang. Banyak warga yang terjebak macet dari Jl Dr Mansyur hingga ke Jalan IR H Juanda, sekitar Hotel Pardede. Untuk melintasi jalur pendek itu dibutuhkan waktu hingga berjam-jam “ Ucapnya.

Sementara Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan saat ditanya mengenai banjir yang kerap terjadi di Kota Medan menjelaskan hal itu disebabkan buruknya drainase yang tak pernah diurus oleh pejabat sebelumnya,” Jadi pas hujan turun dan ada air kiriman dari Deli Serdang, banjir pun terjadi “ Jelasnya

Randiman menambahkan, Telah memerintahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan masyarakat untuk menggiatkan gotong royong membersihkan parit dan drainase setiap hari Sabtu. “Khusus korban banjir, kita sudah menyiapkan bantuan makanan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan “ Tambahnya.(Red).

Tidak ada komentar