Sholat Tarawih Tercepat Di Dunia, Hanya 15 Menit Raih 23 Rakaat



Blitar.Metro Sumut
Salah satu ibadah sunnah yang begitu lekat kaitannya dengan bulan suci Ramadan adalah salat Tarawih dan salat Witir Yap, usai melaksanakan salat Isya', masjid-masjid bakal dipenuhi jamaah yang melakukan salat Tarawih dan Witir bersama-sama. Jumlah rakaat salat Tarawih pun beragam. Rabu (01/07/2015).

Mungkin didaerah kamu ada yang delapan rakaat Tarawih dan tiga rakaat Witir dengan surat panjang atau 20 rakaat Tarawih dan tiga rakaat Witir dengan bacaan surat relatif pendek. Namun jika diambil rata-rata, salat Tarawih plus Witir jamaah yang digelar di masjid-masjid biasanya memiliki waktu paling minimal satu jam.

Namun bagaimana pendapatmu jika ada masjid yang melakukan salat Tarawih sebanyak 20 rakaat dan tiga rakaat salat Witir cuma butuh 15 menit saja? Tentu luar biasa. Apakah sang imam dan para jamaah melakukan salat sambil berlari marathon? Tidak. Semua berjalan normal di Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar sana.

Durasi yang cuma 15 menit ini jelas membuat jamaah salat Tarawih dan Witir dipenuhi anak muda disekitar pesantren. Tak main-main, total jamaah yang ikut serta sangat fantastis yakni 5.000 orang dan ada juga kalangan tua yang ikut salat kilat ini, seperti dilansir NU Online.

Para muda-mudi yang hadir mayoritas itu pun tak hanya dari Blitar. Beberapa dari mereka bahkan ada yang hadir dari Kediri dan Tulungagung. Meski terdengar tak masuk akal, salat Tarawih-Witir kilat ini sudah berlangsung dari generasi ke generasi di pesantren yang sudah didirikan oleh KH Abdul Ghofur sekitar 160 tahun lalu.

Menurut KH Diya'uddin Az-Zamzami atau Gus Diya' salah seorang pengasuh pesantren mengaku, "Salat secepat itu bisa dilakukan karena imam salat hanya mengerjakan doa-doa wajib seperti niat salat, takbirotul ihram, baca Fatihah plus ayat pendek dan salam. Doa untuk ruku' disingkat jadi 'Subhanallah'. Lainnya hanya 'Allah-Allah' saja, Tahiyat akhir juga hanya sampai bacaan shalawat untuk nabi Muhammad dan salam." Nah gimana, mau coba salat Tarawih-Witir kilat.(Eva).

Tidak ada komentar