Indonesia Diancam Tiga Zaman Perang Global



Jakarta.Metro Sumut
Terkait percaturan global saat ini berbeda dengan pada zaman perang. Sekarang ini, ada 3 bentuk perang baru yang sedang mengancam Indonesia yakni, perang sumber daya alam, perang mata uang dan perang cyber, kata pengamat Inteljen dan Keamanan Internasional Soeripto, saat berbicara pada  Tasyakuran Milad Pusat Advokasi Hukum dan HAM (PAHAM) Indonesia ke 16 di Jakarta. Rabu (01/07/2015). 

Informasi yang dihimpun Media ini, Menurut Soeripto, dua pihak yang menonjol dalam perang sumber daya alam adalah antara Amerika dan China. Dalam hal ini, percaturan di Indonesia sangat terasa, terutama dalam akses sumber daya alam," Hal ini harus diantisipasi dengan baik, dengan tata kelola sumber daya alam harus benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Karena itu, Lembaga advokasi sosial seperti PAHAM  harus bisa mengawal kepentingan publik tersebut " kata mantan Sekretaris Jendral Kementerian Kehutanan ini.

Perang mata uang (currency war) juga tidak boleh diremehkan, karena berkaitan langsung dengan ketahanan perekonomian Indonesia. Nilai mata uang kita sekarang semakin merosot, ini pertanda kita kalah strategi. Bisa jadi, kita kalah perang untuk saat ini " Ungkap Soeripto.
Mengenai tentang perang dunia maya (cyber war), yang dilakukan melalui jaringan internet,"Perang ini sangat luar biasa pengaruhnya, suatu bangsa yang diserang oleh cyber war akan bisa lumpuh. Contohnya, pada perang teluk mengapa Irak cepat menyerah, hal ini terjadi karena AS bisa melumpuhkan seluruh jaringan komunikasi Irak. Sehingga jaringan pertahanannya macet " Tutur Soeripto.

Soeripto menambahkan, serangan melalui cyber akan dilakukan terlebih dahulu barulah kemudian dilakukan serangan melalui kekuatan militer,"Ketiga hal ini harus diwaspadai demi menjaga pertahanan Negara " tambah aktivis kemanusiaan ini. (Melvy)


Tidak ada komentar