Aktivitas Bongkar Muat Di Pelabuhan Belawan


Belawan.Metro Sumut
PT Pelindo 1 Cabang Belawan telah melakukan berbagai persiapan baik fasilitas, peralatan, sistem maupun operasional. Fasilitas yang dipersiapkan adalah embarkasi dan debarkasi, bongkar muat, operasional, serta keamanan dengan tim monitoring bersama pihak terkait. Senin (29/07/2015).

Roswita Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan mengatakan PT Pelindo I Cabang Belawan terus melakukan penataan dan pengembangan Pelabuhan Belawan, dengan tujuan mendukung dan meningkatkan daya saing logistik di tingkat regional maupun global, Berbagai program strategis ini diharapkan mampu meningkatkan produktifitas bongkar muat dan pelayanan yang berkualitas kepada seluruh pengguna jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Belawan , baik dari segi level of service, penataan di bagian internal dan eksternal perusahaan, maupun inovasi-inovasi untuk meningkatkan pangsa pasar “ Kata Roswita.

Lanjut Roswita, Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi yang disiapkan, yakni dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi.Kemudian, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang, juga akan disiapkan fasilitas umum tambahan seperti tenda dan toilet serta media informasi kepada penumpang dan pengantar/penjemput. Dia menambahkan, kesiapan dermaga, sistem dan prosedur (Sispro) pelayanan kapal sembako, gudang, lapangan penumpukan, peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan dan kesiapan informasi dan teknologi (IT). Monitoring Angkutan Lebaran “ Ungkap Roswita.

Roswita menjelaskan, dalam proses itu ada Turn Round Time (TRT) yang artinya dalam proses bongkar muat dari kapal ke dermaga. Proses tersebut idealnya dilakukan selama 25 jam dan paling lama 1,5 hari,” kalau dwilling time ini, idealnya itu 2 sampai 3 hari lah itu dari catatan kita. Tapi memang selama ini bisa sampai 5,5 hari. Nah ini, kan ada pihak terkait lainnya. Ada dokumentasi, terus Bea Cukai juga menjalankan keabsahan barang dan lainnya " Jelasnya.
Menurut Roswita, pihaknya sudah melakukan koordinasi terpadu dengan pihak lainnya. Bahkan, ketika barang itu lama didermaga, pihak PT Pelindo I Cabang Belawan pun dirugikan. Karena, kontainer yang datang lama bersandar dan banyak yang menunggu, sirkulasinya tidak ideal “ Kata Roswita.

Melalui data PT Pelindo I Cabang Belawan daya tampung pelabuhan Belawan hingga saat inu mencapai 1,2 Teuls. Trafik yang berjalan kerap diangka 1,1 Teuls.(Hamnas).



Tidak ada komentar