Kakanwil: Lakukan Pembinaan Terus Menerus Terhadap Pegawai, Jangan Lakukan Pembiaran

Palembang.Metro Sumut
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sumsel), Sudirman Daman Hury, kembali meneruskan kunjungan kerjanya, kali ini beliau bertolak ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sekayu. Kunjungan ini masih dalam rangka melaksanakan pembinaan terhadap pegawai jajaran Pemasyarakatan terkait maraknya berita miring tentang Lapas/Rutan akhir-akhir ini.
 
Sebagai petugas Pemasyarakatan, kita harus memperlakukan WBP secara manusiawi dan hak mereka harus kita berikan, seperti hak untuk beribadah dan olah raga. “Hak WBP tidak boleh di diskriminasi”, Demikian ditegaskan Kakanwil saat memberikan arahan dihadapan seluruh pegawai Lapas Kelas IIA Sekayu, Senin (20/02/2017).

Pegawai dijajaran Kemenkumham Sumsel khususnya di Lapas/Rutan diharapkan terus menegakkan disiplin dalam menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Tanamkan dan aplikasikan di lapangan loyalitas dalam bekerja, menunjukkan moralitas dan integritas yang tinggi atau konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. “pegawai Pemasyarakatan  harus menunjukkan sikap konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip yang ada. Jika bersalah, siap ditindak sesuai dengan kesalahannya,” imbuhnya.
 
Tanpa mengenal lelah, Kakanwil yang akrab disapa Sudirman ini tak henti-hentinya mengajak semua pegawai untuk berantas tegas Pungutan Liar (Pungli). Menurutnya, Pungli dan Narkoba hanya bisa dicegah dengan adanya komitmen bersama seluruh instansi terkhusus jajaran Kemenkumham. “Saya tekankan kepada seluruh pegawai, agar jangan coba-coba melakukan Pungli atau Narkoba di Lapas ini. Jika ketahuan, akan saya tindak tegas bahkan saya rekomendasi untuk di lakukan pemecatan,” kata Sudirman. Hal ini juga dalam rangka memberikan efek jera kepada yang lain. Beliau berharap, Pungli maupun Narkoba tidak terjadi di UPT se Sumsel.

Diakhir arahannya, Sudirman berpesan kepada Kalapas agar bisa membina pegawai dijajarannya serta mengajak seluruh pegawai untuk menjauhi Narkoba dan Pungli. “Lakukan secara terus menerus pembinaan, kalau hari ini belum berubah, mungkin besok, jangan lakukan pembiaran atas kesalahan yang dilakukan bawahan”, ungkap beliau. Kepada seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Sekayu, beliau juga berpesan untuk meningkatkan integritas moral dan meminimal kesalahan.

Sebelumnya, tadi pagi, pukul 09.00, beliau sidak ke blok hunian wanita didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Zulkipli dan Kalapas Kelas IIB Sekayu, Urif Herunadi. Menyapa penghuni sekaligus berdialog dan memberikan motivasi, agar senantiasa mendekatkan diri kepada sang pencipta, sabar dan selalu menjaga kerukunan sesama dan dapat menjalani hukuman dengan baik. Kakanwil juga tinjau dapur yang digunakan sebagai tempat memasak serta proses pengolahan makanan bagi WBP untuk kelangsungan hidup. Beliau menginstruksikan kepada petugas dan WBP yang ditunjuk menangani dapur, agar senantiasa menjaga kebersihan makanan serta peralatannya. Makanan yang sudah dimasak agar ditutup supaya  tidak tercemar yang berdampak bagi kesehatan WBP. “jika ada perubahan menu dikarenakan tidak tersedianya bahan makanan, segera laporkan dengan Kalapas”, tuturnya.

Tak ketinggalan ia juga meyempatkan diri melihat-lihat hasil karya WBP di ruang Bimbingan Kerja (Bimker). Beliau berharap, agar hasil karya WBP bisa dipamerkan pada acara HUT Pemasyarakatan nantinya. “saya sangat puas dengan hasil kerja Kalapas dan seluruh pegawai disini”, pungkas Kakanwil. (Dok/Foto : Humas).

Tidak ada komentar