BC Belawan Musnahkan Toyseks

Belawan.Metro Sumut
Petugas Kantor Bea cukai Belawan bersama penegak hukum daerah setempat memusnahkan sejumlah barang sitaan hasil tangkapan atas pelanggaran pidana dan kepabeanan. Selasa (28/06/2016).

Barang sitaan yang dimusnahkan dihalaman gudang penyitaan barang di Jalan Anggada II Belawan itu berupa, toyseks, kelapa, kulit binatang, tanduk, pakaian bekas, CD lagu, majalah dewasa, dan sejumlah bahan kimia lainnya.

Barang ilegal itu merupakan hasil tangkapan petugas BC Belawan sebagai wujud pelaksanaan salah satu fungsi Dirjen BC, yakni memberikan perlindungan dari masuknya barang yang dapat membahayakan masyarakat serta peredaran barang illegal di pasar bebas yang berakibat timbulnya kerugian baik materil maupun immaterial.

Pemusnahan barang tangkapan itu senndiri dilakukan, telah mendapatkan persetujuan kabtor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).


Puluhan ribu barang import seludupan seperti diantaranya Tanduk Binatang , Sex Toys , peralatan rumah tangga  serta pakaian bekas , majalah dewasa ,sepatu bekas ,minyak oli ,  tabung gas bekas , tambung gaas untuk pemadam kebakaran , minuman mineral dan kulit binatang ini dimusnahkan petugas Bea dan Cukai dengan cara dibakar dan ditanam dibelakang gudang penahanan Bea dan Cukai belawan .

Puluhan ribu barang import ilegal bernilai Milyaran rupiah berasal dari sejumlah negara ini masuk ke Pelabuhan Belawan menggunakan kapal dengan cara diseludupkan termasuk dari kapal penumpang KM Kelud yang sandar di Pelabuhan Belawan  dan barang tersebut yang dimusnahkan selama kurun waktu 5 tahun terahir .

Terhadap barang barang import ini diamankan petugas Bea dan Cukai Belawan karena tidak adanya dokumen atau ijin importnya dan barang seludupan ini dimusnahkan karena mengganggu produk lokal dan peredaran barang barang tersebut dapat membahayakan .

Menurut keterangan Kepala Kantor Bea dan Cukai Belawan ,Haryo Limanseto , puluhan puluhan ribu barang impor ilegal ini dimusnahkan terdiri dari 61 jenis barang . Dari ke 61 jenis barang ilegal yang disita tersebu jumlah seluruhnya 30.319 yang seluruhnya dimusnahkan dengan cara dibakar dan ditanam .

Barang barang import ilegal yang dimusnahkan ini asalnya dari sejumlah negara di Asia , Singapore, Tailand , Malaysia , Negara Afrika , Banglades dan negara negara lainnya . Acara pemusnahan barang ilegal hasil seludupan ini bertempat dibelakang gudang penahanan Bea dan Cukai Belawan disaksikan oleh aparat terkait .(Hamnas)


Tidak ada komentar