PT Pelindo 1 Raih CSR Award 2016

Medan.Metro Sumut
Kepedulian PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 kepada lingkungan terutama di wilayah kerjanya operasionalnya, mendapat apresiasi. Terbukti Pelindo 1 mampu memperoleh penghargaan CSR Award 2016 yang diadakan salah satu surat kabar nasional atas kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Pelindo 1, bertempat di Hotel Kempinski Jakarta, Senin, 29 Februari 2016.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi. Pelindo 1 mendapatkan penghargaan kategori Program Bina Lingkungan dengan melakukan bedah rumah sebanyak 95 unit di tiga provinsi yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kepualauan Riau dan Provinsi Riau.

“Ada 95 unit rumah yang telah di renovasi oleh Pelindo 1, dengan perincian 70 unit rumah di Belawan, 17 unit rumah di Dumai dan 8 unit rumah di Tanjung Balai Asahan.  Selain itu, kegiatan bedah rumah ini juga dlakukan pada 41 rumah veteran/pejuang di Kepulauan Riau yang tersebar di Tanjung Balai Karimun, Batam dan Tanjung Pinang, yang merupakan rangkaian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri pada peringatan 70 tahun Indonesia Merdeka, Agustus tahun lalu ” Jelas Farid. 

Pelindo I termasuk salah satu peraih apresiasi CSR Award 2016 dari 23 perusahaan baik swasta maupun negeri yang meliputi 3 (tiga) kategori, yaitu kategori pendidikan, pemberdayaan ekonomi dan kesehatan, serta kategori lingkungan dan UMKM.  

CSR Award 2016 ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan baik negeri maupun swasta yang telah mencurahkan perhatiannya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyampaikan bahwa kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) harus dapat menjadi mesin pendorong bagi kesejahteraan masyarakat luas. “Kita harapkan dengan sejumlah program CSR yang dilakukan, berbagai perusahaan bisa mendorong kesejahteraan untuk masyarakat ” Ujar Puspayoga.

Sementara Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami mengatakan bahwa selama tahun 2015, Pelindo 1 telah menyalurkan dana untuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (KBL) sebesar Rp. 20,2 miliar. Kemitraan sebesar Rp. 17,7 miliar dan Bina Lingkungan sebesar Rp. 2,5 miliar “ Katanya. Selasa (01/03/2016).

Fiona menjelaskan, Dana ini disalurkan dalam bentuk dana pinjaman kepada mitra binaan dari berbagai sekor, seperti sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, dll. Selain itu, kegiatan sosial Pelindo 1 diwujudkan dalam aktivitas bina lingkungan yaitu pemberian bantuan korban bencana alam, bantuan pendidikan, pengembangan sarana dan prasarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam, dan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan, yang dilaksanakan di seluruh wilayah operasional Pelindo 1 yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau.(Hamnas/FSU).


Tidak ada komentar