Musim Hujan, Camat Medan Labuhan Imbau Warga Waspada DBD

Medan Labuhan.Metro Sumut
Mengingat tingginya curah hujan di Kota Medan beberapa waktu ini, Warga Kecamatan Medan Labuhan diimbau untuk turun menerapkan 3M dalam kehidupan sehari-hari, Hal ini sebagai antisipasi merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).  Rabu (02/03/2016).

Camat Medan Labuhan Arrahman Pane SSTP MAP saat dikonfirasi diruang kerjanya mengatakan  masyarakat sudah banyak mengetahui kegiatan 3M tersebut, Sebab langkah ini merupakan salah satu anjuran dari Dinas Kesehatan untuk menangkal terjadinya penyakit demam berdarah atau yang lebih dikenal dengan sebutan DBD, Nyamuk penyebab penyakit ini berkembang pesat ketika datangnya musim dengan curah hujan tinggi seperti sekarang ini “ Katanya.

Lanjut Arrahman, Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan namanya gerakan 3M, yaitu mengubur barang bekas, menutup tempat penampungan air, dan menguras bak mandi jika memang ditemukan nyamuk. Lagi pula dari Puskesmas kecamatan telah memiliki petugas Jumantik disetiap kelurahan, Dengan begitu seharusnya masyarakat langsung melapor kepada mereka, jika memang ditemukan tanda-tanda warga yang dikhawatirkan terkena gejala DBD tersebut, Nantinya mereka akan langsung mengecek kelokasi “ Ucapnya.

Sebagai salah satu penyakit yang sangat mematikan, Camat Medan Labuhan sangat mengharapkan agar masyarakat berusaha membuat tempat tinggalnya senyaman mungkin, sehingga bahaya dari penyakit itu bisa diatasi “ Harapannya.

Hal itu juga dapat dilakukan dengan melaksanakan gotong royong,  Apalagi dengan daerah yang dekat dengan sungai, kebersihan sungai juga merupakan tanggung jawab masyarakat.  Caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai “ Pintanya.

Arrahman menjelaskan, Daerah kita berada dekat dengan sungai, dimusim penghujan seperti ini kita juga mesti waspada. Karena jika ada masyarakat yang membuang sampah ke sungai, malah akan ada bahaya banjir yang kemugkinan dapat terjadi. Mestinya bahaya penyakit saat datang musim hujan itu juga sudah dipahami masyarakat. Paling tidak dapat mengurangi angka masyarakat yang terkena DBD di Kota Pekanbaru ini “ Jelasnya.(Hamnas).




Tidak ada komentar