Terminal Penumpang Baru Belawan Mirip Bandara

Belawan.Metro Sumut
Pelayanan terhadap calon penumpang kapal diterminal penumpang baru di Pelabuhan Belawan Lama mirip di bandar udara (Bandara). Hal ini terlihat saat kapal penumpang KM Kelud hendak bertolak ke Tanjungpriok via Pulau Batam dari dermaga terminal baru tersebut. Rabu (11/11/2015).).

Informasi yang dihimpun Media ini, sebelum menaiki kapal, calon penumpang terlebih dahulu melakukan check in sambil memperlihatkan tiket di meja petugas PT Pelni di gedung terminal tersebut. Setelah itu calon penumpang harus melakukan boarding pass yang jaraknya lebih kurang 50 meter dari ruang check in. Setelah melakukan boarding pass barulah calon penumpang diperbolehkan naik ke atas kapal yang bersandar di dermaga terminal penumpang tersebut.

Budi Santoso Kepala Cabang PT Pelni Medan Belawan mengatakan pelayanan terhadap calon penumpang kapal di terminal baru jauh lebih baik ketimbang di terminal penumpang yang lama di Pelabuhan Ujung Baru Belawan “ Katanya.

Lanjut Budi, Proses calon penumpang hendak naik ke kapal lebih tertib dan terkontrol dengan dilakukannnya sistem check in dan boarding pass. "Dengan sistem seperti yang berlaku di Bandara ini penumpang gelap tidak akan bisa lagi naik ke kapal seperti yang terjadi sebelumnya di terminal lama di Ujung Baru Belawan “ Ungkapnya.

Budi menjelaskan, Sistem pelayanan dengan check in dan boarding pass, memang sudah harus diterapkan supaya pelayanan lebih tertub dan pengguna jasa merasa nyaman “ Jelasnya.

Sementara General Manager PT Pelindo 1 Cabang Belawan Sahat Prawira Tambunan didampingi Roswita SH Menejer Hukum & Humas PT Pelindo I Cabang Belawanmengatakan selain menggunakan sistem check in dan boarding pass, pihaknya juga akan melengkapi terminal baru itu dengan fasilitas garbarata dan sky bridge untuk menghubungkan terminal baru ke stasiun kereta api di seberang terminal penumpang “ Ucapnya.

Sahat menambahkan, Garbarata yang menghubungkan tangga kapal ke ruang kedatangan dan keberangkatan sudah dibangun dan pada arus mudik Natal dan Tahun Baru 2016, fasilitas garbarata sudah bisa dipergunakan," Target kami pada Desember fasilitas Garbarata sudah dapat dioperasikan “ Tambahnya.(Hamnas).



Tidak ada komentar