Bongkar Muat Hewan Ternak Sapi melalui Pelabuhan Tenau Kupang Di Pantau KPK

Tenau Kupang.Metro Sumut
Kegiatan bongkar muat hewan ternak sapi melalui PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tenau Kupang tiba-tiba kedatangan rombongan dari KPK, Dinas Pertanian, Dinas Karantina Hewan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur  diterima oleh General Manager lama Bpk. Hot Rudolf Marihot dan General Manager Baru Bpk. Denny Lamber Wuwungan serta staf terkait, Senin (06/10).

Informasi yang dihimpun Media ini, tujuan KPK mengunjungi Pelabuhan Tenau Kupang dalam rangka memastikan bentuk kesepakatan MOU dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan RI agar ada kesepakatan antara Dinas Peternakan Pemprov NTT untuk menjamin pasokan hewan ternak sapi dengan kapasitas penampungan yang akan disediakan PT Pelindo III (Persero) Cabang Kupang dan membantu melancarkan kegiatan bongkar muat hewan ternak sapi dari kapal ke kapal.

General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Tenau Kupang sebelumnya telah melaksanakan koordinasi dengan Dinas Karantina Hewan terkait lahan seluas 2,5 ha milik PT Pelindo III (Persero) dengan menawarkan lahan tersebut bisa di siapkan menjadi RPH/ Rumah Pemotongan Hewan untuk memudahkan angkutan muatan hewan ternak sapi ketika bongkar muat di dermaga Pelabuhan Cabang Tenau Kupang. Bahwa PT Pelindo III (Persero) rencana induk investasi tahun 2016-2017 Pelabuhan Tenau Kupang dipersiapkan untuk Dermaga dan Terminal khusus hewan ternak.

KPK berharap agar nantinya tidak ada motif dan indikasi dari Pemprov maupun Pemda setempat untuk memonopoli kegiatan pemasukkan hewan ternak sapi.

Dinas Karantina menyampaikan bahwa bongkar muat hewan ternak sapi di Provinsi NTT ada 3 Palabuhan antara lain : Pelabuhan Waingapu Sumba Timur, Atapupu dan Tenau Kupang. Untuk distribusi hewan ternak yang ada di pelabuhan-pelabuhan tersebut sampai 2000 ekor/ setiap hari.  Serta Dinas Karantina rencana waktu dekat berinisiatif akan mengundang asosiasi pedagang hewan sapi, perusahaan pelayaran, perusahaan bongkar muat bekerjasama dengan PT Pelindo III (Persero) Cabang Tenau Kupang untuk mensosialisasikan bahwa fasilitas dan sarana yang ada dapat memberikan pelayanan jasa bongkar muat hewan ternak.

Akhirnya KPK menyampaikan terimakasih  kepada  semua yang terlibat diatas agar terjalin saling bekerjasama dalam mendukung kedaulatan tahan pangan untuk pertanian maupun peternakan khususnya di Provinsi NTT.(Ijal).


Tidak ada komentar