Adipura Kota Lubuk Pakam Bertahan


Deli Serdang.Metro Sumut
Kota Lubukpakam Kab. DEli Serdang berhasil mempertahankan prestasi sebagai kota Adipura tahun 2023,prestasi tersebut merupakan yang ke-17 kalinya penghargaan kota Adipura kepada kota lubukpakam dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan di serahkan oleh wakil menteri Drs.Alue Dohong,M.sc,Ph.D kepada bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar di auditorium Dr.Sujarwo gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa (5/3).

Pada kesempatan tersebut wakil presiden RI K.H.Mahruf amin  yang hadir dan menyerahkan penghargaan Adipura kencana menyoroti masalah pengelolaan sampah yang saat ini menjadi salah satu perhatian pemerintah di tahun 2025 kita menetapkan target kebijakan dan strategi nasional (Jakstarnas) pengurangan sampah sebesar 30%,selain itu pemerintah juga menargetkan 0 sampah 0 emisi di tahun 2050 kata wapres.

Saya minta pemerintah daerah agar dapat melaksanakan kegiatan atau penanganan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir,dengan menerapkan prinsip ekonomi sirkular dan berbasis teknologi ramah lingkunga " Katanya.

Pelibatan peran aktif masyarakat juga harus terus di lakukan di ciptakan budaya lingkungan secara efektif.

Penghargaan Adipura sebagai bentuk insentif kepada kabupaten/kota dalam kinerja baik dalam  pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau di berikan penghargaan Adipura kepada kabupaten/kota dalam bentuk anugrah Adipura kencana.anugrah Adipura dan sertifikat Adipura.

Kabupaten dan kota yang meraih anugrah Adipura kencana sebagai penghargaan tertinggi bagi kabupaten dan kota yang mampu menunjukan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif yang berkelanjutan pada priode ini di mana ada 5 kabupaten/kota yaitu Kota balikpapan,kota Surabaya,kota Bontang,kota Bitung kota Bitung,dan kabupaten Ciamis.

Yang meraih anugrah Adipura sebagai penghargaan terhadap kabupaten dan kota yang mampu menunjukan kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik.pada priode ini sebanyak 106 kabupaten dan kota.dan di kabupaten/kota yang meraih penghargaan Adipura dan kota yang meraih penghargaan Adipura sebanyak 6 kabupaten dan kota. (Gito).






Tidak ada komentar