Banjir Di Sejumlah Daerah, Kemendagri Minta Seluruh Aparatur Pemda Dan Masyarakat Saling Membantu

Jakarta.Metro Sumut
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) yang juga Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar menyampaikan rasa empati kepada seluruh warga masyarakat yang terdampak banjir dan longsor di beberapa daerah, seperti Jakarta dan sekitarnya. "Kami mewakili Keluarga Besar Kemendagri dan BNPP turut berempati kepada warga masyarakat yang terdampak banjir dan longsor di beberapa daerah," ujar Bahtiar di Jakarta pada Rabu (1/1/2020).

Untuk itu, Kemendagri telah meminta seluruh aparat Pemerintah Daerah (Pemda) dan Intansi terkait, termasuk masyarakat untuk saling membantu dan saling mendukung dalam proses evakuasi. "Mari saling bahu-membahu dan bergotong royong membantu warga yang terdampak. Saat ini proses evakuasi dan tindakan penyelamatan warga menjadi prioritas utama," kata Bahtiar.

Kemudian, Bahtiar juga berharap agar masyarakat dan aparatur pemerintah dapat membagikan informasi yang tepat dan benar mengenai posko bencana yang telah disiapkan Pemda dan instansi terkait. "Seluruh saluran informasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk berbagi, termasuk media sosial instansi pemerintahan. Supaya informasi yang beredar kepada masyarakat tepat," kata Bahtiar.

Lebih lanjut, sebagai langkah antisipasi, Bahtiar meminta masyarakat agar terus memantau informasi cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. "Informasi itu perlu untuk kesiapsiagaan masyarakat ke depan," tandas Bahtiar.

Tak lupa, Bahtiar mengingatkan agar masyarakat terus waspada dan mengantisipasi dari setiap tindakan orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan kesempatan. "Untuk itu, mari kita bersama-sama tetap menjaga keamanan lingkungan," pungkas Bahtiar. (Puspen Kemendagri/Mardiaz).



Tidak ada komentar