Sambut 1 Muharam 1439 H, PPJMU Sukses Gelar Suroan Budaya Jawa Dan Wayang Kulit

Medan Marelan.Metro Sumut
Persatuan Paguyuban Jawa Medan Utara (PPJMU) menggelar Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, yang dipusatkan di Lapangan Pasar 2 Timur Kelurahan rengas Pulau Kecamatan Meda Marelan, Dekat Kolam Renang Tirta dengan Dalang KI Darsim Noto Carito, Pada hari Sabtu (30/09/2017).

Sekitar 6 organisasi Jawa tergabung dalam Persatuan Paguyuban Jawa Medan Utara (PPJMU) sukses mengelar beragam atraksi seni budaya jawa dalam rangka memeriahkan Tahun baru Islam 1439 H atau dikenal dalam bahasa Jawa dengan Suroan pada Sabtu hingga Minggu.

Antraksi seni Jawa yang nyaris punah ini cukup mendapatkan minat antusias dari warga dimulai dengan pawai seni budaya dari jalan Marelan Raya menuju sepanjang jalan masuk ke Pasar 2 Timur Marelan.Berlanjut dengan atraksi seni tari kuda kepang dibawakan Taruno Siswo Budoyo (TSB) dan atraksi jaran kepang dari sangar Paguyuban Stya Budoyo (PSB) hingga malam harinya warga disuguhkan hiburan wayang kulit.mulai dari pawai seni budaya Jawa, sepeda ontel, seni tari reok ponorogo serta kuda kepang dilanjutkan pada malam harinya dengan pagelaran seni wayang kulit dengan Lakon Mbabad Alas Mertani Bertempat di Lapangan Pasar 2 Timur dekat Kolam Renang Tirta dengan Dalang KI Darsim Noto Carito.
 
Kegiatan rutin setiap tahunnya ini tidak terlepas atas dukungan dan partisipasi Haris Kelana Damanik, ST juga selaku Pembina PPMU.

Haris Kelana Damanik yang diwakili Rahmawati Harahap didampingi Ketua panitia pelaksana seni budaya jawa Agus Na Sigit mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan untuk melestarikan budaya luhur yang sudah ada sejak zaman sebelum Hindu hingga kerajaan Islam dan sampai sekarang ini “ Kata Rahmawati Harahap.

Lanjut Rahmawati Harahap, Kegiatan selamatan menjadi tradisi hampir seluruh kehidupan masyarakat di Indonesia bagi masyarakat Jawa, malam Suro diyakini sebagai malam penuh berkah Itu sebabnya, setiap menyambut tahun baru kalender Jawa “ Ucapnya.

Rahmawati Harahap mengucapkan terimakasih, karena sudah melestarikan budaya jawa ini,” Melalui semangat tahun baru hijriyah mari kita jadikan keberagaman sebagai alat pemersatu bangsa “ Ungkapnya.

Rahmawati Harahap berharap kegiatan seperti ini dapat digelar setiap tahunnya, karena memiliki citra positif yang sangat tinggi, demi kompaknya masyarakat Jawa di Kecamatan Medan Marelan Kota Medan “ Harapannya.

Sementara Ketua panitia pelaksana seni budaya jawa Agus Na Sigit mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka suroan, memeriahkan tahun baru Islam 1439 H “ Katanya.

Lajut Agus, Guna menjalin tali silaturahmi antar sesama organisasi warga jawa untuk lebih guyub lagi dalam melestarikan seni budaya jawa ini,” Kami disini guyub tak ada kepentingan atau netral yang terpenting melestarikan seni budaya bangsa agar warisan leluhur bangsa indonesia tidak terlupakan  generasi muda kita “ Ucapnya.

PPJMU terdiri dari sejumlah organisasi Jawa yakni Ikatan Keluarga Jawa Marelan (IKJM), Paguyuban Jawa Bersatu (PJB), Forum Komunikasi Warga jawa (FKWJ), mBanyumas Gell, Turonggo Siswo Budoyo (TSB) dan Condong Raos.(Hamnas).





>






>

Tidak ada komentar