Gempa Di Kabupaten Deli Serdang Terjadi Dua Kali

Deli Serdang.Metro Sumut
Gempa dengan kekuatan 5,6 SR dengan pusat gempa di darat di 28 km barat daya Kabupaten Deli Serdang, Gempa di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara terjadi dua kali, Gempa sempat membuat kepanikan warga, Sumber gempa berasal dari sesar didarat dengan kedalaman 10 km, Gempa tidak berpotensi tsunami. Selasa (17/01/2017).

Informasi yang dihimpun Media ini, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meneruskan informasi BMKG mengatakan gempa bumi pertama terjadi pada pukul 19.13 WIB, Senin (16/1/2017). Gempa dengan berkedalaman 10 km “ Katanya.

Lanjut Sutopo, Sedangkan gempa kedua terjadi pada pukul 19.42 WIB dengan kekuatan 5,6 SR. Sumber gempa berasal dari sesar atau patahan di darat dengan kedalaman 10 km, Gempa tidak berpotensi tsunami “ Ucapnya.

Sutopo menjelaskan, Dari informasi posko BNPB, gempa menurut Sutopo dirasakan kuat di Deli Serdang, Binjai dan Karo sekitar 5-8 detik. “Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah “ Jelasnya.

Gempa dirasakan dengan intensitas sedang di wilayah Kota Medan, Masyarakat Kota Medan dilaporkan berhamburan keluar rumah.

Menurut Sutopo, Pusat gempa cukup dekat dengan Gunung Sinabung karena pusat gempa berjarak sekitar 33 kilometer timur laut dari Kabupaten Karo “ Ungkapnya.

Berdasarkan hasil analisis peta gempa dirasakan disekitar wilayah Deli Serdang dan Binjai intensitas gempa sekitar IV hingga V MM. Artinya guncangan gempa yang dirasakan ringan hingga sedang,” Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa, Dilaporkan beberapa rumah mengalami kerusakan namun masih pendataan, Listrik mati di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu “ Tambahnya. (Gito).

Tidak ada komentar