Dampak Kabut Asap, Lima Penerbangan Di Alihkan

Medan.Metro Sumut
Dampak dari kabut asap yang menyelimuti sejumlah bandara, lima penerbangan dari sejumlah kota di Pulau Jawa tujuan Batam, terpaksa dialihkan (divert) ke Kualanamu International Airport (KNIA) Deliserdan. Kamis (01/10/2015).

General Manager PT Angkasa Pura II Kualanamu Jaya Tahoma Sirait melalui Pelaksana Harian Manager Humas KNIA Deliserdang Wisnu Budi Setianto mengatakan terjadinya peralihan lima penerbangan yang menuju Batam, berasal dari Bandung dan Semarang serta Yogyakarta terpaksa dialihkan ke Bandara Kualanamu karena instrumen landing sistemnya mengalami  kerusakan," Karena instrumen landing sistemnya sedang rusak. Jadi data yang kita peroleh dari Air Navigasi Bandara Internasional Kualanamu, lima penerbangan dari Bandung, Semarang dan Yogyakarta tujuan Batam, terpaksa mengalihkan pendaratannya di Bandara Internasional Kualanamu “ Katanya.

Lanjut Wisnu, pada pagi hari visibility (jarak pandang) sekitar 1.500 meter dan memasuki siang sekitar 4.000 meter. Secara umum pergerakan penerbangan di Bandara Kualanamu normal, hanya bandara tujuan yang mengalami delay (penundaan) namun kemudian bisa mendarat, yakni Air Asia QZ 8040 tujuan Palembang, seharusnya berangkat pukul 07.00 WIB menjadi sekira pukul 13.00 WIB, demikian juga tujuan bandara perintis mengalami hal yang sama, sedangkan yang sama sekali belum bisa terbang dan didarati adalah tujuan Pekanbaru “ Ucapnya.

Wisnu menjelaskan bahwa lima penerbangan yang divert ke Kualanamu adalah Lion Air JT 951, JT 275, JT 370 masing-masing dari Bandung, Semarang dan Yogyakarta,Kabut asap juga menyelimuti wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) selama dua hari ini, Situasi ini tidak hanya mengganggu aktivitas dan kesehatan warga, namun juga mengganggu penerbangan sejumlah pesawat dari Bandara Silangit Siborongborong.

Sementara Kepala Bandara Silangit Siborongborong Cabang Bandara Kuala Namu Angkasa Pura II, Edward Rajagukguk mengatakan, akibat tebalnya kabut asap yang melanda wilayah Taput penerbangan seluruh pesawat dari Bandara Silangit tujuan Medan-Batam-Nias dan sebaliknya menuju Silangit terpaksa ditunda," Seluruh penerbangan pesawat dari Bandara Silangit tujuan Medan, Batam, Nias, dan sebaliknya terpaksa ditunda sementara “ Katanya

Menurut Edward, sebelumnya penerbangan pesawat tujuan Medan-Batam-Nias harus berangkat setiap hari dari Bandara Silangit dan sebaliknya pesawat dari Medan-Batam-Nias juga harus berangkat ke Silangit, Tetapi karena tebalnya kabut asap, seluruh penerbangan dari Silangit dan yang mau berangkat ke Silangit terpaksa harus ditunda “ Ungkapnya

Edward menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan jadwal penerbangan pesawat dari Bandara Silangit ditunda. Hanya saja menurutnya penerbangan akan normal kembali setelah kabut asap menipis, Kita masih menunggu kabut asap menipis,  Sehingga penerbangan bisa kembali normal " Tambahnya.(Hamnas).


Tidak ada komentar