Tinjau Banjir Aceh Utara, Menteri Basuki Fokuskan Penanganan Tanggul Jebol Dengan Geobag Dan Bronjong

Aceh Utara.Metro Sumut
Menteri Basuki didampingi Anggota Komisi V DPR RI Ruslan M. Daud dan Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki meninjau penanganan banjir di Kab. Aceh Utara dan Kab. Bener Meriah,  Provinsi Aceh, Selasa (18/10/2022)

Peninjauan dilakukan untuk mengambil langkah perbaikan infrastruktur yang rusak akibat banjir/luapan air Sungai Krueng Keureuto dan Krueng Pirak.

Menteri Basuki menyampaikan, Kementerian PUPR akan segera menangani tanggul sungai yang jebol dan sudah memobilisasi 12 alat berat dari Bendungan Keureuto.

"Saat ini tengah dilakukan perbaikan tanggul jebol melalui pemasangan geobag/jumbo bag dan bronjong yang ditimbun tanah sebagai tanggul yang kuat menahan air," kata Menteri Basuki. 

Terdapat 4 tanggul sungai jebol yang perlu segera dikerjakan, yaitu Tanggul Sungai Krueng Pasee Desa Madan (100 m), Sungai Krueng Keureuto Desa Mancang (150 m), Sungai Krueng Peuto Desa Meunasah (120 m), dan Sungai Krueng Peuto Desa Trieng (100 m). Selain itu, terdapat juga 18 titik tanggul dengan kondisi kritis. 

Selain penanganan tanggul, Kementerian PUPR juga akan mempercepat konstruksi Bendungan Keureuto  untuk mengurangi risiko banjir di Aceh Utara. (Rita). 


Tidak ada komentar