Bantu Kesulitan Warga Di Perbatasan, Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 645/Gty Bantu Menandu Warga Yang Sakit


Sanggau.Metro Sumut
Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty membantu menandu warga yang sakit dan Cek Up Pasca Operasi di Dusun Panga Bintawa, Desa Semanget Kec. Entikong Kab.Sanggau.

Pada Rabu 22 Juni 2022, 7 orang personel Pos Panga dipimpin Serda Gery Khatulistiwa bersama warga dusun Panga membantu menandu Bapak Cosmas Acung yang akan Cek Up Pasca operasi ke Rumah Sakit Umum Sanggau.

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/Gty, Letkol Inf Hudallah, S.H. dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kab. Sanggau.

Dansatgas menjelaskan pada awalnya Danpos Panga Letda Inf Gugun mendapat laporan dari Anggotanya bahwa ada warga Panga yang akan Cek Up Pasca Operasi ke RS Umum Sanggau, untuk itu warga meminta bantuan kepada TNI Satgas Pamtas untuk mengevakuasi dari Rumah Bapak Cosmas Acung melewati jembatan Dusun Panga yang hanya bisa dilewati dengan motor.

Dikarenakan akses jalan yang tidak bisa dilewati mobil ambulance ataupun kendaraan roda empat untuk mengevakuasi sampai melintasi jembatan menuju RS Umum Sanggau, maka jalan satu-satunya adalah dengan cara menggunakan tandu  dan berjalan kaki dengan jarak ±5 Km. Hal ini direspon cepat oleh Danpos dan para Anggotanya.

Danpos mengirimkan 7 orang anggota pos panga untuk membantu mengangkat tandu sampai melintasi jembatan kemudian menaikannya kemobil ambulance supaya bisa sampai ke tempat tujuan RS Umum Sanggau.

“Anggota Pos Panga bersama warga secara bergantian menandu bapak Cosmas Acung sampai melintasi jembatan sampai menaikannya kemobil menuju RS Umum Sanggau, hal ini merupakan bagian dari respon cepat Satgas Pamtas terhadap kesulitan warga sekitar,” Ujar Dansatgas.

Di tempat terpisah Danpos Panga Letda Inf Gugun mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menanamkan sikap toleransi di antara warga Dusun Panga serta respon cepat anggota Pos Panga terhadap kesulitan warga binaan diperbatasan.

“Kami akan selalu merespon cepat setiap warga yang membutuhkan bantuan, hal ini sebagai wujud nyata bahwa TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan siap mengatasi kesulitan rakyat,” ujar Danpos.

Sementara itu Bapak Cosmas Acung mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari anggota Pos Panga yang telah membantu menandu dirinya sampai dengan melewati jembatan untuk bisa menaiki mobil Ambulance, mengingat jalan di Dusun Panga tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. (Pen Satgas Pamtas 645).




Tidak ada komentar