Peringati Hari Pendidikan Nasional, Pelindo 1 Ajak Anak-Anak Dusun Kurandak, Pesisir Deli Serdang, Agar Lebih Melek Baca Dan Tulis


Belawan.Metri Sumut

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2021, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan edukasi dunia maritim dan pelabuhan kepada anak di  Pesisir Deli Serdang, Dusun Kurandak, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Minggu, 02 Mei 2021. Dalam kegiatan tersebut Pelindo 1 memberikan perlengkapan belajar kepada puluhan anak yang memiliki keterbatasan literasi, untuk menumbuhkan kecintaan pada dunia pendidikan dan maritim. 

VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami menerangkan bahwa kegiatan sosial ini merupakan aksi nyata Pelindo 1 dalam mendukung pendidikan, khususnya masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerja Pelindo 1.  “Kegiatan edukasi ini merupakan aktivitas rutin Pelindo 1 yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial, khususnya bagi masyarakat sekitar Pelindo 1. Pelindo 1 memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini untuk menumbuhkan kesadaran literasi, serta mengenalkan apa itu peran maritim dan pelabuhan bagi masyarakat sekitarnya,” terang Fiona Sari Utami.

Dalam aksinya Pelindo 1 bersama dengan Komunitas Rumah Kita, mengajak anak-anak untuk membaca dan  menulis bersama, serta memberikan pengenalan edukasi tentang kepelabuhanan melalui cerita dan kegiatan mewarnai. Tak hanya itu, Pelindo 1 juga memberikan bantuan perlengkapan belajar, seperti meja belajar, tas, buku dan alat tulis, serta buku-buku bacaan yang dapat meningkatkan kemampuan, dan menumbuhkan semangat anak-anak dalam kesadaran literasi. Berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan pesantren kilat yang diadakan oleh komunitas Rumah kita, sebagai mendukung aktivitas di bulan Ramadhan.

Dusun Kurandak dipilih karena lokasinya yang berada di wilayah terpencil, dengan akses dan fasilitas yang belum memadai, serta mayoritas anak yang memiliki kemampuan literasi yang terbatas, menjadi sasaran yang tepat untuk diberikan edukasi.
 “Terima kasih kami ucapkan kepada Pelindo 1 dan Komunitas Rumah Kita yang sudah memberikan edukasi dan bantuan kepada Dusun Kurandak. Masyarakat disini memang masih sangat membutuhkan fasilitas pendidikan, Dusun Kurandak hanya memiliki sarana pendidikan ditingkat Sekolah Dasar, untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi harus menempuh perjalanan sejauh 17 Km menggunakan jalur darat, atau 3 Km melalui jalur laut. Fasilitas kesehatan pun harus menempuh perjalanan yang sama. Dusun Kurandak memiliki akses yang masih sangat terbatas, sehingga kami masih membutuhkan perhatian dari masyarakat diluar Dusun Kurandak” – ungkap Darwansyah Nasution, Kepala Dusun, Dusun Kurandak. (Hamnas/Rica/Fiona Sari Utami VP Public Relations Pelindo 1).




Tidak ada komentar