Ribuan Masa Tolak Pengukuran Tapal Batas Lahan Eks HGU PTPN II No. 111

Labuhan Deli.Metro Sumut
Aksi warga dengan kelompok tani maju lestari Indonesia (KTMLI) Semangat Baru Sumatera Utara kembali dilakukan, Dikarenakan petugas dari pihak PTPN II mau melakukan pengukuran lahan. Rabu (10/06/2020).

Terlihat pada Selasa siang itu (09/06/2020) ribuan warga mengusir paksa puluhan petugas saat berusaha mengukur lahan eks PTPN II di Pasar 11, Desa Manunggal, Kec.Labuhan Deli, Kab. Deliserdang,

Tindakan tersebut diambil sebagai bentuk penolakan warga atas sikap PTPN II yang ingin mengambil ribuan hektar lahan yang sudah dikuasai warga belasan tahun terakhir.

Bentrok antara warga dan petugas ukur nyaris terjadi akibat aksi penolakan tersebut. Namun bisa diredam setelah puluhan petugas Polsek Medan Labuhan dibantu petugas Polres Pelabuhan Belawan datang untuk mengamankan situasi.

Selanjutnya, dengan berat hati belasan petugas ukur yang terdiri dari karyawan dan Petugas Pengamanan (Papam) PTPN II meninggalkan lokasi. Sehingga pengukuran batal dilaksanakan.

Sementara di lokasi menurut warga mengaku resah pasca adanya surat pengosongan lahan.

“Kami sudah 20 tahun lebih mendiami lahan kosong ini untuk bercocok tanam, beternak serta tempat tinggal, selama ini kami berusaha mandiri dan belum ada mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah.Kami berharap pada Pak Presiden Jokowi tolonglah Pak nasib kami ini janganlah rumah tempat tinggal dan lahan kami digusur sebab kami juga rakyat Indonesia butuh penghidupan yang layak " Kata Saruhum Sinaga selaku tokoh masyarakat di lokasi tersebut yang pada intinya menolak pengusuran pihak PTPN II. (Hamnas/M.Daud).




Tidak ada komentar