Gawat....Kapal Tanker Bersandar Dibobol Maling

Belawan.Metro Sumut
Untuk keamanan di pelabuhan internasional Belawan masih dipertanyakan. Pasalnya, kawanan maling mulai mengincar kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan ini. Seperti terjadi pada kapal tanker MT Erawan 12, sejumlah barang termasuk plat anti karat kapal digasak pencuri, Senin (19/3/2018).

Informasi diperoleh, Kapal tanker berbendera dalam negeri ini sandar di dermaga curah cair pelabuhan Ujung Baru Belawan. Ketika sedang melakukan aktivitas bongkar muat crude palm oil (CPO), awak kapal dikejutkan dengan hilangnya barang-barang dan plat anti karat di bagian bawah buritan kapal tersebut."Malingnya dari laut, bukan dari dermaga. Yang dicuri anti karat persis dekat baling-baling kapal," sebut seorang awak kapal.

Kejadian pencurian di area pelabuhan itu telah dilaporkan ke perwira jaga kapal, untuk kemudian diteruskan ke perusahaan keagenan pelayaran kapal PT Sea Asih Line."Mereka (pelaku) menggunakan sampan. Kejadiannya sudah dilaporkan ke agen kapal," ucapnya.

Kepala Operasional PT Sea Asih Line, Irfan Daulay dihubungi membenarkan kejadian itu. Sejauh ini pihak keagenan belum melaporkan peristiwa pencurian dimaksud ke aparat berwajib."Kita belum hitung nilai kerugian, cuma pastinya mencapai jutaan rupiah," terang, Irfan.

Kepala Bagian Umum dan Humas Syahbandar Utama Belawan, Wasfina ditanyai mengaku belum mengetahui adanya pencurian di atas kapal yang sedang dalam posisi sandar."Saya belum tahu, karena anggota jaga di lapangan belum ada melapor," kata, Wasfina.

Senada dikatakan, Khairul Ulya Manager Umum PT Pelindo I Cabang Belawan. Ulya menyebutkan pihaknya belum mengetahui terjadinya aksi pencurian di atas kapal."Coba nanti saya cek dulu, kapal dalam kondisi bongkar atau muat," cetusnya.(Hamnas/Ulhaq).


Tidak ada komentar