Waka Polda Sumut Pimpin Apel Pagi Dan Upacara Penandatanganan Pakta Integritas Serta Pengambilan Sumpah Seleksi Pendidikan Sespimmen Polri, Sespimma Polri Dan Sekolah Inspektur Polisi (SIP)

Medan.Metro Sumut
Brigjen Pol.Agus Andrianto SH Pimpin apel pagi sekaligus upacara penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah seleksi pendidikan Sespimmen Polri, Sespimma Polri dan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) tahun 2018. Senin (29/01/18) pukul 07.30 wib di Lapangan K.S. Tubun Mapolda Sumut.
 
Dalam Apel tersebut turut hadir Irwasda Polda Sumut, Karo Ops Polda Sumut, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Para Peserta seleksi pendidikan serta Personil Polri dan ASN Polda Sumut.

Kegiatan ini di awali dengan laporan komandan upacara, menyanyikan lagu mars Polri, pengucapan Tribrata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya Korpri oleh masing- masing perwakilan Polri dan ASN. Kegiatan berikutnya di lanjutkan pembacaan pakta integritas oleh perwakilan panitia dan perwakilan peserta Sespimme, Sespimma dan SIP.

Kegiatan selanjutnya pengambilan sumpah oleh Wakapolda Sumut yg di dampingi rohaniawan kepada panitia dan peserta seleksi yang di ikuti oleh panitia dan seluruh peserta seleksi. Lalu di lanjutkan dengan penandatanganan naskah pakta integritas oleh perwakilan panitia, peserta seleksi dan ketua Panda.

Pada Arahan Brigjen Pol.Agus Andrianto yang membacakan arahan Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw Pada kesempatan tersebut, selaku pimpinan Polda Sumut Kapolda mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh anggota Polda Sumut yang telah bertugas dengan baik dan penuh dedikasi, sehingga tugas Kepolisian Polda Sumut dan jajaran, secara umum dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Banyak hal yang sudah kita lakukan, dan tentunya pelaksanaan tugas kedepan, akan terus menuntut komitmen dan tanggung jawab kita bersama, untuk mewujudkan harapan masyarakat sekaligus menghadirkan Polri yang Promoter.

Oleh karena itu, pada kesempatan apel pagi ini, Wakapolda mengajak kepada kita semua, untuk terus meningkatkan kinerja kita sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing, serta melakukan analisa dan evaluasi untuk penyempurnaan tugas-tugas Kepolisian dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta sebagai aparat penegak hukum yang profesional dalam memberikan keadilan dan rasa aman kepada masyarakat.

Laksanakan tugas dengan ikhlas dan menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusian, kita tunjukkan bahwa “kita ada dan bukan kita tidak ada”, sehingga peran dan fungsi kepolisian dapat kita laksanakan secara optimal dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri, serta juga dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif, khususnya dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 di sumatera utara tercinta ini.

Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia Polri yang promoter (profesional, modern dan terpercaya), maka pada kesempatan seleksi sespimen polri dikreg ke-58, sespimma polri angkatan ke-59 dan 60, serta sip angkatan ke-47 ta. 2018, hari ini kita melaksanakan penandatanganan pakta integritas dan pembacaan sumpah peserta dan panitia daerah Polda Sumut.

Penandatanganan pakta integritas ini merupakan salah satu bentuk implementasi program promoter kapolri yang pertama point ke dua yaitu “pemantapan reformasi internal polri”, yakni “melaksanakan rekruitmen dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (betah)”.

Sehingga seluruh rangkaian seleksi dapat dilaksanakan dengan jujur, objektif, bersih, transparan, akuntabel unggul dan kompetitif. Sebagai mana diketahui, bahwa Polda Sumatera Utara telah melaksanakan serangkaian kegiatan pendahuluan seleksi, yang sampai saat ini telah dilaksanakan kegiatan pendaftaran, pengumpulan administrasi dan pemeriksaan administrasi yang dimulai sejak tanggal 17 sampai dengan tanggal 25 januari 2018; dan pada hari ini kita melaksanakan salah satu rangkaian seleksi yaitu penandatanganan pakta integritas dan pembacaan sumpah peserta dan panitia seleksi.

Adapun jumlah pendaftar seleksi tahun 2018, untuk peserta yang telah dinyatakan memenuhi syarat administrasi yakni peserta sespimmen berjumlah 18 personil (17 pria dan 1 wanita) dan sespimma berjumlah 15 personil (13 pria dan 2 wanita), sedangkan peserta SIP yang sudah mendaftar berjumlah 526 personil (511 pria dan 15 wanita).

Saya berharap melalui penandatanganan pakta integritas dan pembacaan sumpah ini, kita sama- sama memiliki komitmen untuk melaksanakan prinsip seleksi polri yang bersih, transpatan, akuntabel dan humanis (betah) mulai dari panitia dan peserta dan kepada kita semua.

Oleh karena itu, kepada para peserta seleksi saya berpesan, ikutilah seleksi dengan baik, sungguh-sungguh dan tidak mengandalkan orang lain atau pihak lain, namun andalkan kemampuan diri sendiri dan berdo’a kepada tuhan yang maha kuasa, sehingga keberhasilan menghampiri saudara sekalian.

Disamping itu, kepada seluruh peserta seleksi, apabila saudara-saudara mengetahui atau menemukan adanya penyalahgunaan wewenang dan penyimpangan/kecurangan dalam proses seleksi, agar melaporkan kepada panitia atau pengawas seleksi, atau bahkan dapat disampaikan kepada kapolda atau wakapolda.

Demikian juga kepada seluruh panitia dan tim pengawas (baik internal maupun eksternal), saya juga mengingatkan agar saudara-saudara dapat melaksanakan tugas sesuai peran dan fungsi masing-masing secara profesional, bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, jujur, objektif, cermat dan teliti, serta menjaga netralitas dan independensi dalam setiap tahapan pelaksanaan seleksi, sehingga terlaksana seleksi yang objektif, jujur, bersih, adil, akuntabel dan tidak kkn.

Selanjutnya saya tekankan kepada seluruh peserta dan panitia seleksi, bahwa penandatangan pakta integritas dan pembacaan sumpah yang telah dilaksanakan ini, tentunya mengandung konsekuensi, bahwa apabila terbukti melakukan pelanggaran atau penyimpangan, maka akan dikenakan sanksi, baik sanki moral dan sanksi administrasi dengan didiskualifikasi sebagai peserta seleksi, maupun sanksi hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikian arahan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan kekuatan, petunjuk dan hidayah kepada kita semua, baik dalam pelaksanaan tugas pengabdian dantanggung jawab kita kepada masyarakat, bangsa dan negara, maupun dalam pelaksanaan seleksi sespimmen, sespimma dan SIP T.A. 2018, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.(Humas Polda Sumut).


Tidak ada komentar