Air Sungai Belawan Meluap, Tiang Jembatan Tumbang

Deliserdang.Metro Sumut
Tiang jembatan yang sudah lama terpisah dari lantai jembatan akhirnya tumbang diterjang sungai Belawan Sabtu (28/10) malam. Lokasi jembatan itu berada dikawasan Desa Kutalimbaru dan Desa Kwala Lau Bicik, Kecamatan Kutalimbaru, Deliserdang.

Tiang jembatan yang rubuh tersebut menimpa salah satu tiang lainnya dan menghempang arus sungai. Dikhawatirkan jembatan permanen yang dibangun sekitar 8 tahun silam dengan dana hampir mencapai Rp 1 milir itu bakalan ambruk kalau tidak secepatnya mendapat perbaikan.

Jembatan yang panjangnya sekitar 35 meter dan lebar sekitar 5 meter selama ini cukup vital sebagai sarana penghubung antar desa bahkan antar Kecamatan Kutalimbaru dan Kecamatan Pancurbatu. Setiap harinya arus lalulintas cukup padat. Sebab masyarakat banyak yang memilih melalui jalan tersebut dari pada melintasi jalan utama menuju Pancurbatu.

Menurut warga setempat, rubuhnya tiang jembatan tersebut sebenarnya sudah lama diprediksi. Karena selain pemasangan tiang jembatan yang dinilai kurang dalam, juga akibat seringnya dilakukan pengambilan batu dan pasir dihilir sungai. Akibat pengambilan batu dan pasir dihilir sungai menyebabkan dasar sungai semakin terkikis yang lambat laun menyebabkan fundasi jembatan pun ikut turun.

Kalau tidak secepatnya jembatan antara Dusun II Kampung Merdeka Desa Kutalimbaru dan Dusun II Tembengen Desa Kwala Lau Bicik mendapat perbaikan, jembatan berbiaya cukup besar itu bakalan rubuh total. Akibatnya pupuslah sudah harapan masyarakat menjadikan jembatan tersebut sebagai jalur lintas alternatif dari pusat Kecamatan Kutalimbaru menuju Kecamatan Pancurbatu.(rg).

Tidak ada komentar