Tol Medan-Kualanamu, Target Tuntas Tahun Ini

Jakarta.Metro Sumut
Pemerintah menyatakan progres pengadaan lahan untuk tol Medan—Kualanamu—Tebing Tinggi (MKTT) telah mencapai 87,4%, dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Informasi yang dihimpun Media ini, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W Khusaini seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (20/09/2016) mengatakan kita optimis Desember, mudah-mudahan kalau tidak ada kendala akan beres “ Ungkapnya.

Tol MKTT sepanjang 61.75 kilometer dibagi menjadi tujuh seksi. Seksi I dan II yakni Medan-Parbarakan-Kuala Namu sepanjang 17,8 kilometer dibangun oleh pemerintah menggunakan pinjaman dari China, dengan progres konstruksi saat ini mencapai 51,6%. Sementara sisanya oleh PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) yakni Parbarakan-Tebing Tinggi sepanjang 43,95 kilometer dengan progres konstruksi 49,2%.

Saat ini progres pengadaan lahan ruas Medan-Kuala Namu secara total mencapai 87,40 persen. Pada seksi Parbarakan-Tebing Tinggi, progresnya sudah mencapai 87,51 persen. Jika target pembebasan lahan bisa dipenuhi, Hediyanto berharap pada Juni 2017 untuk Seksi Medan-Kualanamu bisa dioperasikan. Sementara untuk Tol MKTT secara keseluruhan ditargetkan dapat beroperasi pada 2018.

Hediyanto mengataka pihaknya juga telah meninjau pengerjaan Tol Medan – Binjai. Dia menerangkan bahwa secara umum ,pembebasan lahan di Tol Medan-Binjai sudah bagus bahkan dirinya optimis bisa selesai pada Desember 2016,” Hampir 90%sudah selesai yang sisi Binjai seksi 2 dan 3. Sementara Seksi 1 yang ke arah Medan memang masih menunggu proses karena masih banyak bidang-bidang tanah yang perlu kita bebaskan tapi intinya tidak terganggu lagi kontraktor bekerja “ Katanya.

Untuk pembebasan lahan, Hediyanto menjelaskan tantangan terbesarnya berada di dalam Kota Medan. Pihaknya mendata ada tanah sekitar 2 kilometer yang belum dibebaskan namun apabila pembebasan lahan sesuai jadwal, dua ruas tol tersebut siap beroperasi di 2018 “ Jelasnya.(Melvy).


Tidak ada komentar