PAC Partai Gerindra Marelan: Abaikan Kearifan Lokal, Ancaman Bagi Bangsa

Medan Marelan.Metro Sumut
Tindakan Pemerintah yang belum maksimal terkait kearifan lokal budaya Indonesia dinilai bisa menjadi ancaman bagi bangsa. Padahal kearifan lokal yang kuat akan berdampak pada kuatnya karakter bangsa. Sabtu (14/05/2016).

Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Medan Marelan Haris Kelana Damanik mengatakan saat bangsa kehilangan identitasnya, maka bersiap akan kehilangan segala-galanya. Kehilangannya berupa kehilangan aset ekonomi, akses politik, dan tergusurnya masyarakat lokal. “Ini ancaman bagi kita sebenarnya. Pemerintah mesti tegas dalam membuat peraturan yang melindungi situs-situs maupun kearifan local “ Kata Haris.

Lanjut Haris, Pemerintah diharapkan memberikan ruang yang luas juga bagi kaum tradisional dalam mengekspresikan dan mengenalkan budaya asli mereka ke masyarakat luas,” Kaum tradisional bisa diberikan modal dan pemahaman tentang pemasaran yang kuat jadi proses penguatan kearifan lokal bisa maksimal. Misalkan, diberikan sarana untuk membuat kerajinan dan memasarkannya lewat jaringan UKM yang ada “ Ucap Haris.

Haris menjelaskan, Saat dikaitkan antara kearifan lokal dengan kemodernan, Bangsa Indonesia memiliki peluang untuk maju dengan kebudayaan yang dipunyai “ Jelasnya.(Hamnas).



Tidak ada komentar