Di Hari Kartini, Ketua PAC Partai Gerindra Marelan Bicara Keterwakilan Perempuan Di Parlemen

Medan Marelan.Metro Sumut
Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Medan Marelan Bung Haris Kelana angkat bicara mengenai peringatan "Hari Kartini" 21 April 2016 hari ini.

Menurut Bung Haris, sejak masih di bangku SD bangsa Indonesia masih terus memperingati Hari Kartini, Dimana biasanya ada lomba busana ada dan sebagainya “ Katanya.

Haris Kelana Damanik Ketua PAC Partai Gerindra Marelan mengatakan sekarang ini perempuan Indonesia sudah hebat dan profesi yang terkesan maskulin sekalipun sudah banyak diisi perempuan, Tapi kalau bicara soal keterwakilan perempuan di parlemen maka masih menyedihkan. Jumlah perempuan di DPR sekarang hanya 17,3 persen, turun dari periode sebelumnya 18,2 persen “ Kata Haris.

Lanjut Haris, Parpol memang sudah mengalokasikan 30 persen untuk kepengurusan perempuan namun berapa banyak perempuan yang menjadi ketua, sekretaris dari pengurus parpol pusat sampai daerah, Dengan alasan sulit memenuhi kuota 30% caleg perempuan, banyak partai yang asal comot. Tanpa dukungan parpol, para caleg perempuan sulit mendulang suara “ Ucap Haris.


Harsi menjelaskan, Karena itu maka harus ada ada medan pertarungan yang adil dengan aturan main yang seimbang, Negara harusnya mewajibkan sebuah gelanggang khusus dengan menyediakan 30% kursi parlemen untuk perempuan. Dengan begitu partai akan "dipaksa" mencari kader perempuan terbaik untuk menghadapi kader perempuan parpol lain “ Jelasnya.(Hamnas).

Tidak ada komentar