Arus Bongkar Barang Di Pelabuhan Belawan Menyusut Sekitar 8%

Medan.Metro Sumut
Badan Pusat Statistik mengeluarkan data terbaru mengenai aktivitas bongkar barang di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatra Utara, BPS mencatat volume bongkar barang di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara hingga Februari 2016 turun 7,89% dari periode sama 2015 atau 626.067 ton. Selasa (19/04/2016).

Informasi yang dihimpun Media ini, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Wien Kusdiatmono mengatakan penurunan volume bongkar di Pelabuhan Belawan dipicu turunnya barang yang masuk dari antarpulau dan luar negeri atau impor, Pada Januari-Februari 2015, volume bongkar barang sebanyak 679.699 ton sementara di periode sama 2016 turun menjadi 626.067 ton “ Katanya.

Lanjut Wien, menurunnya volume bongkar barang di Pelabuhan Belawan menunjukkan ekspor dan permintaan di dalam negeri atau lokal masih melemah, Pengusaha belum menaikkan produksi karena ekspor dan penjualan barang di dalam negeri masih belum meningkat “ Ucapnya.

Sementara Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Impor (GPEI) Sumut Khairul Mahalli menjelaskan impor memang masih melemah karena perusahaan masih menahan produksinya, Penahanan produksi karena permintaan barang di lokal dan dari luar negeri masih belum maksimal dampak krisis global, Impor dan ekspor Sumut masih turun dibandingkan periode sama 2015.Jadi wajar kalau volume bongkar barang di Pelabuhan Belawan rendah atau turun “ Jelasnya.

Khairul menambahkan, Dewasa ini pengusaha masih terus hati-hati melakukan transaksi dagang karena pasar belum stabil, Pengusaha lebih berharap pemulihan permintaan di dalam negeri lebih cepat karena harga ekspor masih relatif rendah " Tambahnya.(Redaksi).


Tidak ada komentar