FKK Gelar Sibolga Creative Expo 21


Sibolga.Metro Sumut

Forum Komunitas Kreatif (FKK) Sibolga-Tapteng menggelar Launching 'Sibolga Creative Expo 2021' bertempat di Terminal Penumpang Pelindo I Sibolga, Sabtu (119).

Acara yang diresmikan secara virtual oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga S. Uno, B.B.A., M.B.A , turut dihadiri langsung oleh Dirut Pelindo I Prasetyo, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sibolga, Aswin Kosotali, Kepala Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang dan perwakilan unsur Forkopimda Kota Sibolga pada acara yang bersifat Hybrid (Off/Online) terbatas dan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Ketua Panitia, Yogi Azhari menjelaskan bahwa acara 'Sibolga Creative Expo 2021' merupakan kegiatan Pertama di Kota Sibolga yang secara spesifik mendorong geliat Industri Kreatif di Sibolga-Tapteng dalam bentuk pameran virtual yang dikemas dalam beberapa rangkaian acara yaitu Webinar Keprofesian (28/7 - 03/8), Cerdas Cermat Kebudayaan (12 Agustus), Syuting Talent dan Tenant sub sektor Industri Kreatif (16 - 29 Agustus) dan Talkshow Duduk Samo Dusanak (30 Agustus) hingga puncak acara Launching Website Sibolga Creative Expo.

Mengambil Thema "Sibolga Berkreasi Untuk Indonesia", tujuan digelarnya acara ini selaras dengan visi Walikota Sibolga, yaitu 'Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur' dengan harapan kian bertumbuhnya pola pikir yang modern bagi masyarakat dan menciptakan ekosistem industri kreatif dalam persaingan usaha yang hebat dan sehat seiring meningkatnya partisipasi, rasa kepedulian dan kebanggaan dari masyarakat Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah terhadap industri dan produk kreatifnya sendiri. 

Alma Tegar Nasution, ST, MP.Par selaku Ketua Forum Komunitas Kreatif (FKK) Sibolga-Tapteng, lebih lanjut menjelaskan bahwa Acara Sibolga Creative Expo 2021 adalah usaha adaptif bagi generasi muda dalam berkarya meskipun berketerbatasan karena pandemi Covid19. 

“Seiring kemajuan tekhnologi dan informasi, kreatifitas dalam bentuk sajian konten digital kian diminati dan digemari, dorongan itu pula yang menjadi landasan digelarnya Launching Sibolga Creative Expo Virtual yang dirilis resmi oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif ini. Kita berharap event ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya para pelaku Industri Kreatif sebagai upaya melajukan gerak tumbuh ekonomi di Sibolga dan Tapanuli Tengah”. Ujar Alma 

Pameran Virtual yang menyajikan panorama Gedung Terminal Penumpang Pelindo I sebagai venue acara berisikan beragam konten dalam bentuk video terkait dunia Industri Kreatif Sibolga-Tapteng, penampilan bakat muda dalam tarian, musik dan lagu serta ragam informasi terkait profil daerah dan rangkaian acara Sibolga Creative Expo 2021. Para pengunjung bisa mengakses situs yang disediakan untuk mengikuti pameran ini di website Forum Komunitas Kreatif Sibolga-Tapteng melalui tautan berikut:  


Acara Puncak Sibolga Creative Expo 2021 dibagi dalam 2 (dua) sesi yaitu Acara Seremonial dan Talkshow Duduk Samo Dusanak yang hadir sebagai agenda penutup dengan topik pembahasan ''Peluang Enterprenuer Muda dan Pengembangan Ekosistem Industri Kreatif", diselenggarakan dalam dua metode yakni langsung dan zoom dipandu Moderator Susan Hutabarat S.Pd.Gr (Purna Duta Wisata Tapteng 2016) dengan Narasumber yang kompeten dibidangnya Dr. Muhammad Amin, S.Sn, M.Sn, MA (Direktur Industri Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf), Prasetyo (Dirut Pelindo I), Aswin Kosotali (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga) dan Yukka Harlanda, ST (CEO Brodo) Owner sepatu nasional asal Bandung. 

Acara 'Sibolga Creative Expo 2021' berlangsung tertib dan lancar hingga usai dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan menyesuaikan dengan aplikasi Peduli Lindungi Kementrian Kesehatan RI. (Red).



Tidak ada komentar