Manfaatkan Limbah Dapur, Satgas Pamtas Yonif 312/KH Melakukan Budidaya Ikan Lele Di Perbatasan


Keerom.Metro Sumut

Dalam rangka menjaga ketahanan pangan di wilayah perbatasan, Pos Ungalom Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam memanfaatkan sisa-sisa limbah dapur untuk membudidayakan ternak ikan lele di Kampung Ungalom, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua. 


Hal tersebut disampaikan Dankipur I Yonif 312/KH Kapten Inf Rasam dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Sabtu (07/11/2020).

Rasam mengatakan bahwa TNI menyikapi dampak pandemi covid-19 di semua lini kehidupan masyarakat, dampak dari pandemi covid-19 akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan. Sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan sumber ketahanan pangan baru, yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan disaat pandemi covid-19.

“Berbekal pengalaman ternak lele di satuan, personel Pos Ungalom Satgas 312/KH menerapkan keterampilannya untuk memanfaatkan lahan yang ada di sekitar pos untuk dijadikan kolam ternak lele,” ucap Rasam. 

Dengan Budidaya ternak ikan lele ini, Satgas sekaligus mengajak warga untuk memanfaatkan lahan yang mereka miliki untuk berternak lele, mengingat secara umum manfaat ikan lele sebagai sumber nutrisi sangatlah baik karena mengandung nutrisi tinggi yang terdiri dari bermacam-macam vitamin serta mineral.

Di tempat terpisah, Danpos Ungalom Serka Riyan Empep kegiatan yang dilakukan personel Satgas ini merupakan bentuk sinergitas kemanunggalan TNI dan rakyat, dalam upaya membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya di wilayah perbatasan.

“Untuk membantu mengurangi biaya produksi selama pengembangbiakan ikan lele, kami memanfaatkan sisa limbah dapur sebagai tambahan pakan, alhamdulillah hasilnya memuaskan,” kata Riyan.

“Selain menjadi bentuk kemandirian dari prajurit, hasil panen ikan lele ini pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar pos,” tambah Riyan. (Autentikasi Pen Satgas Yonif 312/Kala Hitam).

Tidak ada komentar