Satgas Pamtas Yonif 312 Kala Hitam Ajarkan Membuat Peyeum Bandung Di Perbatasan


Bandung.Metro Sumut

Pos Ungalom, Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam memperkenalkan salah satu kuliner khas Bandung “Peyeum Bandung” sekaligus mengajarkan warga cara membuatnya di Kampung Ungalom, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dankipur I Yonif 312/KH, Kapten Inf Rasam dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (12/10/2020).

Rasam mengatakan, kegiatan ini merupakan pembinaan teritorial yang dilakukan oleh Satgas agar semakin dekat dengan warga binaannya salah satunya adalah dengan saling berbagi informasi kepada warga mengenai pemanfaatan panganan yang sering dijumpai disekitar kita, namun dapat diolah menjadi olahan yang menarik salah satunya pengolahan singkong menjadi Peyeum Bandung.

“Selain menimbulkan efek hangat, singkong fermentasi atau Peyeum ini juga mempunyai cita rasa yang khas, oleh karena itu, kami ingin memperkenalkan kepada warga binaan yang ada di perbatasan ini sekaligus mengajarkan cara membuatnya,” kata Rasam.

Di tempat terpisah Danpos Ungalom, Serka Riyan Empep yang memimpin langsung kegiatan ini mengungkapkan Kampung Ungalom merupakan salah satu desa yang memiliki potensi hasil pertanian yang melimpah salah satunya singkong. Melihat potensi tersebut maka terbesit ide untuk berbagi informasi bahwa pengolahan singkong yang lebih menarik tidak hanya direbus atau digoreng.

“Hanya berbekal ragi dan singkong, alhamdulillah warga sangat antusias untuk mempelajari cara pembuatan Peyeum Bandung ini,” kata Riyan.

"Selain itu diharapkan hasil dari hasil pelatihan ini dapat membuat para ibu rumah tangga menjadikan singkong sebagai produk aneka makanan yang bernilai rupiah yang tentunya dapat membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarganya," tambah Riyan. (Rahmat Hidayat).

Tidak ada komentar