Peduli Kemanusian, Organisasi Mahasiswa FPIK UTU Serahkan Bantuan Kepada Etnis Rohingya

Meulaboh.Metro Sumut
Peduli Kemanusiaan Organisasi Mahasiswa FPIK UTU menyerahkan Bantuan, Sebagai Wujud Kepedulian Terhadap Etnis Rohingya. Kamis (16/07/2020).

Taufik Akbar Koordinator BEM FPIK UTU mengatakan bahwa dalam pandemi covid-19, Mempengaruhi dan mengubah banyak hal dalam kehidupan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan diluar rumah kini semua terpusat di rumah. Tentu ini bertahan dalam waktu yang lama dan menjadi kebiasaan baru " Katanya.

Lanjut Taufik, Dalam hal ini tidak menutup kemungkinanan untuk tetap mengadakan kegiatan kemanusiaan. Kesukaran kini masih dihadapi warga Rohingya yang mengungsi di Provinsi Aceh. Setelah terombang-ambing di perairan pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Kini mereka mengungsi di Camp Rohingya, Desa Peunteut, Kecamatan Blang Mangat. Sebagai penyintas konflik di negeri orang, Tentunya sulit bagi mereka memenuhi kebutuhan hidup saat ini " Ucapnya.

Taufik menjelaskan, Dalam hal ini menimbulkan rasa kepedulian anatar sesama, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Periknan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar, Bekerja sama dengan beberapa Ormawa FPIK Seperti DPM, Himpunan Mahasiswa Perikanan, Himpuan Mahasiswa Akuakultur, Himpunan Mahasiswa Sumberdaya Akuatik dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan serta Instansi luar seperti Pondok Inspirasi (PONDASI) Bogor, Komunitas Menulis Ilmiah (KOMA) serta Aliansi mahasiswa simeulue yang memiliki empati yang sama " Jelasnya.

Sambung Taufik, Mereka melakukan penggalangan dana, Dibeberapa titik simpang jalan, toko-toko yang berada di seputaran Meulaboh serta masyarakat yang berdonasi pakaian layak sebagai wujud kepedulian terhadap etnis Rohingya.

" Penggalangan dana yang dilaksanakan selama kurang lebih 5 hari ini, Dimulai Selasa 30 juli hingga Minggu 5 Juli. Para mahasiswa yang tergabung dalam lembaga Badan Eksekutif Mahasiswa ini juga mengumpulkan bantuan berupa pakaian bekas(layak pakai), Sembako dan uang. Allamdulillahirabilalamin Kegiatan ini murni atas rasa kemanusiaan dari kawan-kawan untuk membantu muslim Rohingya. Bagaimana pun juga mereka tetap saudara kita sesama muslim dan semoga kegiatan ini, Menjadi keberkahan dalam menjalankan amanah kepengurusan ORMAWA FPIK kedepannya ” Kata Setiadi M Noor Selaku Ketua umum BEM FPIK UTU.

Aksi penggalangan bantuan itu dilakukan untuk membantu 99 jiwa  Pengungsi Rohingya yang terdampak di pantai Lancok, Aceh Utara Rabu 24 Juni 2020. Taufik Akbar menjelaskan aksi penggalangan bantuan itu telah dilakukan di Meulaboh, Dan beberapa titik yaitu di simpang pelor, Simpang kisaran, Simpang rundeng dan juga turun ke toko-toko yang ada di wilayah Aceh Barat.

" Penggalangan bantuan ini, Telah berlangsung lima hari. Allhamdulillah aksi kemanusiaan ini langsung kami antarkan menuju tempat kamp etnis rohingnya, Disambut dengan baik, Juga ingin menunjukkan kegiatan ini. Bahwasannya masyarakat kita benar-benar peduli terhadap kesulitan orang lain, Khususnya saat ini kesulitan yang dialami saudara-saudara kita etnis Rohingya, di Provinsi Aceh " Tutup Koordinator BEM FPIK UTU Taufik Akbar. (Sumber Berita : Rahmat hidayat Fakultas Syariah Aceh).


Tidak ada komentar