Latihan Posko Sampan Manuntung 01 Kodim 0906/Tenggarong Adalah Operasi Bantuan Dalam Penanggulangan Bencana Alam


Tenggarong.Metro Sumut
Kodim 0906/Tenggarong laksanakan Operasi Bantuan dalam Penanggulangan Bencana yakni tahapan kegiatan latihan Posko I "Sampan Manuntung 01" yang di gelar di Aula Jati Makodim 0906/ Tenggarong Jln. KH. A. Mukhsin Kelurahan Timbau Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara. Kamis (14/05/2020).

Geladi Posko ini dilakukan untuk meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, Pengendalian operasi dan tata kerja yang berlaku,  kegiatan ini untuk memantapkan sistem komando terkait dengan siaga tanggap bencana dimana bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam  penanggulangan bencana.

Konsep umum dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah saat tanggap bencana selama 14 hari mencari, Penyelamatan dan evakuasi korban serta menyelenggarakan pengungsian dan perawatan, Menerima dan menyalurkan bantuan kemanusiaan secara serentak dalam rangka mendukung tugas pokok.

Dalam amanat Danrem 091/ASN Kolonel Inf  Cahyo Suryo Putro S.I.P, M.Si secara resmi menutup latihan Posko 1 “Sampan Manuntung 01”, yang dibacakan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy menyampaikan "Kegiatan latihan Gladi Posko 1 ini di gelar selama tiga hari yang melibatkan seluruh perwira staf dan personil Makodim untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan agar mampu melaksanakan prosedur kerja mulai dari tahap perencanaan, Persiapan, pelaksanaan, Dan penilaian".

"Pelaksanaan latihan Posko ini dapat dijadikan sebagai acuan Komando dan staf agar senantiasa melatih diri guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit dalam menghadapi tantangan tugas kedepannya", terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 091/ASN juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaku dan pendukung pada pelaksanaan latihan Posko ini.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling beserta jajaran yang telah sukses menyelenggarakan latihan ini mulai dari persiapan, pelaksanaan dan sampai dengan penutupan semuanya berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan oleh Komando Atas”.

“Saya berharap pada latihan Posko 1 Sampan Manuntung 01 Kodim 0906/Tenggarong ini dapat dijadikan acuan bagi satuan-satuan lain dijajaran Korem 091/ASN pada saat menggelar latihan yang sama disatuannya masing-masing”, tutup Kasrem. (Sumber Penrem 091/ASN).

Tidak ada komentar