SMPN 38 Medan Marelan Gelar MPLS Di Ikuti 352 Siswa

Medan Marelan.Metro Sumut
Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPN 38 Medan Jalan A.Sani Muthalib Marelan VII No.99 Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan, sukses berlangsung dilaksanakan tanpa kekerasan melainkan secara edukatif dengan pengembangan sejumlah kegiatan keterampilan dan cinta lingkungan. Jumat (06/07/2018).


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta  seperti terpantau media ini di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri  38 Medan, Jalan A.Sani Muthalib Marelan, Sumatera Utara, pada jumat (06/07/2018) pagi.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Kepala Sekolah SMP N 38 Medan Hj.Rohanim,S.Pd,MM pada awak media. Jumat (06/07/2018) mengatakan dengan jumlah siswa pagi 192 siswa dan siswa sore hari 160 siswa. Kegiatan MPLS intinya membentuk 18 nilai pendidikan karakter, 1).Religius, 2).Jujur, 3).Toleran, 4).Disiplin, 5).Bekerja Keras, 6). Kreatif Mandiri, 7).Demokratis, 8).Rasa Ingin Tahu, 9).Semangat, 10). Kebangsaan, 11).Cinta Tanah Air, 12).Menghargai Prestasi, 13). Komunikatif, 14).Cinta Damai, 15).Gemar Membaca, 16).Peduli Lingkungan, 17).Peduli Sosial, 18).Bertanggungjawab, Dll " Katanya.

Lanjut Hj.Rohanim,S.Pd,MM, Selama MPLS para siswa lebih diajarkan tentang orientasi pengenalan lingkungan sekolah, pengembangan Kreativitas seni dan keterampilan siswa diantaranya pengajaran tentang kecintaan rasa nasionalisme lagu Kebangsaan serta pendidikan pahlawan nasional," Kegiatan MPLS ini dilakukan selama 2 hari, ini lebih mengedepankan kerapian busana, pengajaran moral dan tingkah laku yang baik pada siswa, tak zamannya lagi MPLS menonjolkan busana menirukan prilaku seperti busana yang tidak sopan atau tidak berkarakter " Ucapnya.

M. Ikhsan salah satu siswa baru yang mengikuti MPLS di SMP Negeri 38 Medan Marelan mengatakan, sangat senang dan bangga kepada guru dan Kepsek SMP Negeri 38 Marelan,” Cita-cita saya ingin menjadi polisi untuk mengamankan keamanan Negara dan masyarakat bang " Ucap Ikhsan salah satu siswa baru yang telah sukses mengikuti MPLS di SMP Negeri 38 Medan Marelan tersebut.(Hamnas).

Tidak ada komentar