Polisi Amankan Pelaksanaan Pengundian Nomor Urut Paslon Cagubsu Pilkada Sumut, Ini Nomor Urut Masing Masing Calon

Medan.Metro Sumut
Polda Sumatera Utara dan Polrestabes Medan mengamankan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018, di Medan, Selasa (13/2/2018). Kegiatan tersebut digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara sebagai tahapan Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara Tahun 2018 di Hotel Grand Mercure Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

Dalam pengundian tersebut, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Eramas) mendapat nomor urut 1, sedangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) mendapat nomor urut 2. Nomor urut tersebut akan menjadi panduan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018.

Pengundian nomor urut tersebut dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pengambilan  nomor urut undian yang dilakukan calon wakil gubernur Sumut secara bersamaan, yakni Musa Rajekshah (Ijeck) dan Sihar Sitorus. Ijeck mendapatkan nomor urut 1 sedangkan Sihar mendapat nomor urut 2. Sehingga pasangan Eramas berkesempatan mengambil undian nomor urut terlebih dahulu.

Selanjutnya masing-masing calon gubernur mengambil nomor urut yang dimulai dari Edy Rahmayadi dan diikuti Djarot Saiful Hidayat. Nomor urut tersebut kemudian dibuka secara bersama-sama oleh kedua calon gubernur dan Eramas mendapat nomor urut 1 sedangkan Djoss mendapat nomor urut 2.

Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan, pengundian nomor urut paslon tersebut merupakan amanah pasal 70 PKPU Nomor 17 tahun 2017 tentang Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon. “Setelah diundi kita akan tetapkan untuk menjadi rujukan pelaksanaan tahapan kampanye yang akan dimulai tanggal 15 Februari 2018,” kata Mulia.

Sementara Sekretaris KPU Sumut, Abdul Rajab menyebutkan, rapat pleno ini untuk menentukan nomor urut paslon yang sebelumnya telah ditetapkan KPU Sumut, Senin (12/2/2018).

Acara pengundian ini dihadiri berbagai perwakilan, seperti dari Pemerintah Sumatera Utara yang dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara, Nurhajizah Marpaung, dan perwakilan tokoh agama dan tokoh adat Sumatera Utara.  Petugas Polisi tampak siaga berjaga hingga usainya tahapan pelaksanaan pengundian nomor urut pasangan calon Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018. (rs).

Tidak ada komentar