RI Kerja Sama Di Sektor Energi Dengan Negara Arab Saudi

Jakarta.Metro Sumut
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akan segera melakukan kunjungan ke Indonesia pada Oktober mendatang, Momen tersebut akan dimanfaatkan dengan ‎penjajakan kerjasama, salah satunya sektor energi. Rabu (24/08/2016).

Informasi yang dihimpun Media ini, Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Padjaitan mengatakan dirinya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian terkait rencana kerjasama yang akan dilakukan saat Raja Arab Saudi berkunjung ke Indonesia,” Tadi rapat mengenai rencana kunjungan Raja Arab Saudi bulan Oktober. Semua kementerian terkait kita bicara mengenai proyek-proyek apa saja yang akan diusulkan “ Kata Luhut, di Kantor Kementerian ESDM Jakarta.

Luhut yang saat ini merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas Menteri Energi Sumber ‎(ESDM) ‎mengungkapkan salah satu kerjasama yang akan dijajaki adalah sektor energi, di antaranya adalah pembangunan fasilitas pengolahan minyak (kilang) Cilacap,” Salah satunya adalah kilang Cilacap US$ 5,5 miliar, kita harap Head of Agreement segera selesai “ Ungkap Luhut.

Lanjut Luhut, Selanjutnya adalah pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2X500 Mega Watt (.W) di Sumatera dan bisnis avtur yang dilakukan PT Pertamina (Persero) untuk bandara King Fahd. Selain sektor energi, juga akan dilakukan kerjasama pada sektor pariwisata, dengan mempromosikan wisata bahari di Sumatera Barat. Untuk mendukung rencana tersebut Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyiapkan lahan seribu hektar untuk dibangun kawasan wisata seperti Maladewa.


Luhut menambahkan, Akan mengirim tim ke Arab Saudi pekan depan, untuk mematangkan penjajakan kerjasama tersebut. "Jadi nanti tim akan berangkat ke Saudi minggu depan untuk finalisasi proyek-proyek itu. Jangan nanti hanya datang tanda tangan-tanda tangan, saya nggak mau, harus konkrit “ Tambahnya.(Sandy).

Tidak ada komentar