Dua Ledakan Dahsyat Guncang Kota Lebanon, 50 Tewaskan Dan Ribuan Terluka

Lebanon.Metro Sumut
Ledakan dahsyat kembar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, pada Selasa (04/08/2020), Menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan warga.

Jumlah korban jiwa diperkirakan bertambah terus, Mengingat kekuatan ledakan disetarakan dengan tenaga gempa bumi berkekuatan 4.5 skala Richter, Dan terasa sampai radius 10 km.

Di antara korban tewas adalah Sekretaris Jenderal Partai Kataeb Lebanon.

Markas besar Partai Kataeb, Satu partai tertua di negara ini, Terletak tepat di sebelah pelabuhan.

Seorang saksi mengatakan kepada Gulf News, Bahwa sesuatu jatuh dari langit sebelum ledakan, Yang lain mengatakan mereka bisa mendengar pesawat terbang sebelum ledakan.

" Kami mendengar pesawat terbang, kemudian ledakan, Seperti yang biasa kami dengar dalam perang Israel 2006 " Kata seorang wanita Libanon kepada Gulf News.

Ledakan-ledakan itu menghancurkan jendela-jendela bangunan di sekitarnya, Dan menciptakan gumpalan asap ke langit " Kata koresponden AFP.

Menteri Kesehatan Lebanon Hamad Hasan mengumumkan, Bahwa 50 orang telah meninggal dan lebih dari 2.700-an orang terluka dalam ledakan di Beirut.

Sementara itu, Israel membantah ada hubungannya dengan ledakan.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada media," Israel tidak ada hubungannya dengan ledakan di Beirut."

Menteri Dalam Negeri Libanon Brigadir Jenderal Mohamed Fahmy, selama kunjungannya ke Pelabuhan Beirut, didampingi oleh Perdana Menteri Hassan Diab, mengatakan kita harus menunggu investigasi untuk mengetahui penyebab ledakan."

Fahmy menambahkan, Informasi awal menunjukkan bahwa bahan-bahan yang sangat eksplosif, Yang disita bertahun-tahun yang lalu dari sebuah kapal, meledak di bangsal No.12."

Jenderal Keamanan Umum Libanon, Abass Ibrahim setelah mengunjungi daerah ledakan mengatakan ledakan itu jelas bukan depot kembang api, Tetapi bahan peledak yang sangat disimpan di sana. Penyelidikan sedang dilakukan."

Pernyataannya datang ketika beberapa media lokal melaporkan kembang api sebagai alasan insiden tersebut. Kantor berita pemerintah Libanon, NNA, dan dua sumber keamanan mengatakan ledakan itu terjadi di daerah pelabuhan tempat ada gudang yang menampung bahan peledak.

Tidak dijelaskan jenis bahan peledak yang memicu ledakan dahsyat ini. Beberapa orang di atas kapal Italia berlabuh di dekat lokasi ledakan, Ratu Orient, terluka dan dibawa ke rumah sakit.

"Kapal itu benar-benar hancur - kabin lounge, semuanya," Vincenco Orlandini, seorang anggota awak berusia 69 tahun, mengatakan kepada Al Jazeera.

"Aku mendengar ledakan dan aku terbang ke seberang lobi, lalu aku mendarat di karpet dan aku beruntung, kurasa itu menyelamatkanku."

Observatorium Seismologis Jordania mengatakan bahwa ledakan di Beirut setara dengan gempa berkekuatan 4.5 skala Richter.

"Ada korban dan korban di mana-mana - di semua jalan dan daerah dekat dan jauh dari ledakan."

Tiga jam setelah ledakan, yang melanda tak lama setelah 6 p.m. (1500 GMT), api masih berkobar di distrik pelabuhan, memancarkan cahaya oranye di langit malam saat helikopter melayang dan sirene ambulans terdengar di seluruh ibukota.

Satu sumber keamanan mengatakan para korban dibawa untuk dirawat di luar kota karena rumah sakit-rumah sakit Beirut sudah penuh dengan orang-orang yang terluka.

Ambulans Palang Merah dari utara dan selatan negara itu dan lembah Bekaa di timur dipanggil untuk mengatasi korban jiwa yang besar. (Enjang/Red).





Tidak ada komentar