Para Babinsa Kodim 0901/Samarinda Bantu Evakuasi Korban Banjir Di Kota Samarinda


Samarinda.Metro Sumut
Curah hujan yang tinggi, dan air pasang sungai Mahakam mengakibatkan kota Samarinda mengalami banjir. Ketinggian banjir di Samarinda, Senin (25/5/2020) semakin dalam. Akibatnya, warga yang terdampak mulai mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Akses jalan di beberapa ruas di Samarinda lumpuh. Kendaraan tidak bisa melintas. Jalan Dr. Sutomo hingga simpang empat Mal Lembuswana sudah ditutup total, karena ketinggian air sudah mencapai 80 centimeter,

Kondisi yang sama juga terjadi di Perumahan Bengkuring, Kelurahan Samarinda Utara, dan Perumahan Griya Mukti, Kelurahan Gunung Lingai dengan ketinggian air mencapai 80-90 centimer.

Menyikapi fenomena alam ini Dandim 0901/Samarinda Kolonel Kav Tomi Kaloko Utomo, memerintahkan kepada para Danramil jajaran Kodim 0901/Samarinda untuk mensiagakan personilnya guna membantu warga yang mengalami bencana di wilayah masing-masing.

Perintah dari Dandim tersebut langsung dilaksanakan para Danramil segera menerjunkan para Babinsa, untuk membantu mengevakuasi warga yang terendam banjir di daerah Samarinda.

Dengan sigap dan dengan penuh rasa tanggung jawabh para Babinsa ini membantu evakluasi warga yang rumahnya terkena banjir terutama wanita, anak-anak dan lansia.

Dandim 0901/Samarinda Kolonel Kav Tomi Kaloko Utomo mengatakan saat ini sudah ada delapan kelurahan yang terdampak banjir yakni Kelurahan Pampang, Kelurahan Lempake, Sempaja Timur, Tanah Merah, Sungai Siring, Sempaja Utara, Sempaja Selatan, dan Sempaja Barat. Total ada 74 RT, 1.671 rumah dan 4.076 jiwa yang terdampak banjir tahun ini.

Kecamatan Sungai Pinang, Kelurahan Gunung Lingai: Sebanyak 5 RT diwilayah RT 1, 3, 6, 7, 8 kondisi air masih tinggi rata-rata TMA= 30-80 cm (aktifitas warga tidak lancar), Kelurahan Temindung Permai, Sebanyak 31 RT masih terendam air  TMA = 30 – 60 cm (aktifitas warga tidak lancar) dan Kelurahan Bandara: Sisa 1 RT yang banjir yaitu di wilayah RT 23 rata2 TMA= 50cm (aktifitas warga tidak lancar)

Sedangkan Kecamatan Samarinda Ulu, Kelurahan Sidodadi, genangan air di wilayah RT.14 dan RT 12 TMA =30 – 50 cm (aktifitas warga lancar) dan total banjir di Samarinda sebanyak 6 Kelurahan dari 3 kecamatan. (Sumber Penrem 091/ASN).

Tidak ada komentar