Tempat Rekeasi Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara, Surga Yang Terpendam



Medan.Metro Sumut
Bila anda salah penikmat traveling, tidak perlu jauh-jauh ke Kota Bandung untuk menikmati pesona Kawah Putih Ciwidey, Bandung. Di Sumatera Utara tepatnya di Kecamatan Silau Kahen, Kabupaten Simalungun, kita bisa menikmati keindahan Kawah Putih Tinggi Raja yang tak kalah mempesona dengan Kawah Putih Ciwidey yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Informasi yang dihimpun Media ini, Kawasan cagar alam seluas 167 Ha sudah ada sejak Dolok Tinggi Raja ditetapkan sebagai cagar alam dengan keputusan Zelfbestuur Besluit (ZB) Nomor 24 tanggal 16 April 1924, pada masa pemerintahan kolonial Belanda hingga sekarang, kawasan ini masih berstatus cagar alam.

Meski Tinggi Raja sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu, tetapi  akses menuju tempat ini masih sangat memprihatinkan. Akses jalan menuju ke cagar alam ini sangat terjal dan rusak parah. Bahkan sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah setempat untuk memperbaiki akses jalan ke tempat ini.

Untuk sampai kedaerah cagar alam Dolok Tinggi Raja, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, yang kemudian menempuh jarak sejauh 95km dari pusat Kota Medan dengan rute perjalanan diantaranya Medan melewati persimpangan Kota Lubuk Pakam lalu menuju Galang kemudian melewati Dolok Masihul lalu masuk ke persimpangan Nagori Dolok dan sampailah ke kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja.

Banyak masyrakat yang ingin berkunjung dan melihat keindahan Kawah Putih Tinggi Raja namun rute untuk menuju ke lokasi masih sangat sulit dan memprihatinkan. Seharusnya hal ini menjadi perhatian pemerintah setempat untuk melakukan pengelolahan agar cagar alam kebanggan Sumatera Utara tersebut bisa menjadi salah satu tempat wisata yang mendunia dan banyak didatangi para wisatawan.

Dan untuk masuk ke wisata cagar alam Kawah Putih Tinggi Raja tersebut juga tidak perlu mengocek biaya yang mahal, cukup dengan Rp5000 untuk biaya kendaraan kita bisa menikmati keindahan dan pesona surga terpendam Kawah Putih Tinggi Raja.(Hamnas)

Tidak ada komentar