Bahas Keberadaan Orang Asing, Waka Polda Sumut Sambut Kedatangan Tim TK Kora

Medan.Metro Sumut
Tim koordinasi kunjungan orang asing (TK Kora) menggelar pertemuan dengan Kapolda Sumut yang diterima oleh Waka Polda Sumut Brigjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH dan didampingi para pejabat utama Poldasu. Rabu (22/02/2017).

Kehadiran rombongan TK Kora ini terdiri dari Kemenkumham, Kejagung, Kemenkominfo, Kemensegneg dan Kemenag, selain tugas rutin juga penanganan orang asing, kehadiran mereka juga untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus untuk saling share informasi terkait orang asing di wilayah Sumatera Utara.

Direktur keamanan diplomatik, Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI  I.G. Ngurah Ardiyasa mengatakan bahwa tugas dan fungsi forum TK Kora adalah.

    Sebagai wadah untuk melakukan penyaringan WNA dari negara tertentu yang dinilai rawan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, keimigrasian, keamanan serta pegawasan kegiatan LSM dan organisasi internasional di Indonesia.
    Membahas permohonan kunjungan warga negara asing sebagai anggota LSM dari negara-negara tertentu dan/atau organisasi internasional ke Indonesia.
    Memberikan rekomendasi dan saran untuk permohonan kunjungan jurnalis dan kru film asing ke seluruh wilayah Indonesia
    Memberikan rekomendasi dan saran untuk rencana kunjungan staf/pejabat misi asing ke wilayah-wilayah di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Waka Poldasu menyampaikan data imigran di Sumut periode Januari hingga 5 Pebruari 2017 sebanyak 2.333 orang. Jumlah tenaga kerja asing sebanyak 769 orang terdiri dari 512 orang warga negara Tiongkok dan 257 orang warga negara lainnya.

Sedang permasalahan orang asing yang menjadi korban tindak pidana di wilayah Sumut pada tahun 2015 sebanyak 4 kasus dan tahun 2016, 2 kasus, pelaku tindak pidana tahun 2015, 3 kasus dan tahun 2016, 6 kasus dan meninggal dunia tahun 2015, 7 orang, tahun 2016 hingga Pebruari 2017 sebanyak 4 orang.

Diakhir acara Waka Poldasu menambahkan, pihaknya siap menerima saran dan masukan serta kerjasama dengan tim koordinasi kunjungan orang asing Kemenlu RI, untuk menangani berbagai permasalahan orang asing dalam rangka mewujudkan Sumatera Utara aman dan kondusif.(MS-Humas Polda Sumut).



Tidak ada komentar