Tiga Nelayan Dilaporkan Hilang Kontak, Posmat TNI AL Tapaktuan Lanal Simeulue Lakukan Pencarian

Belawan.Metro Sumut
Posmat TNI AL Tapaktuan Pangkalan TNI AL (Lanal Simeulue) yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan lakukan pencarian terhadap tiga orang nelayan jaring robin yang dinyatakan hilang saat mencari ikan di Laut Seubadeh, Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Rabu (17/6)

Danposmat Tapaktuan, Sertu Mar Choirul Anam mengatakan, "Posmat Tapaktuan menerima laporan warga bahwa pada Senin (15/6) dinihari, tiga orang nelayan berangkat mencari ikan dengan menggunakan boat robin dari TPI Pasi Seubadeh. Biasanya mereka pulang pada siang hari, namun hingga sore mereka belum juga belum kembali dari melaut. Ketiga nelayan yang dilaporkan hilang tersebut diketahui bernama Anwar (45), Kamaruzzaman (42) dan Hilmi (44) yang merupakan warga Seubadeh Kec. Bakongan Timur, Aceh Selatan". Papar Danposmat

"Pihak keluarga sebelumnya telah melaporkan kejadian tersebut ke panglima laot selanjutnya para nelayan lainnya membantu melakukan pencarian dan sampai dengan senin malam belum juga ditemukan. Upaya pencarian mandiri yang dilakukan nelayan belum juga berhasil, panglima laot melaporkan kejadian tersebut ke Posmat TNI AL Tapaktuan dan Satgas SAR Kab. Aceh Selatan" lanjutnya.

Berdasarkan laporan tersebut, Danposmat TNI AL Tapaktuan melaporkan kejadian kepada Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue, Letkol Laut (P) Dian Wahyudi, S.T., M.Tr. Hanla. Selanjutnya Danlanal Simeulue memerintahkan untuk segera melakukan pencarian serta berkoordinasi dengan BPBD dan Satgas SAR (Search And Rescue) Kabupaten Aceh Selatan serta Instansi TNI/Polri guna menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

"Posmat TNI AL Tapaktuan merupakan Pos Pengamat TNI AL yang berada di wilayah kerja Pangkalan TNI AL (Lanal) Simeulue Lantamal I, adanya laporan masyarakat yang diterima Posmat TNI AL Tapaktuan ditindaklanjuti dengan berkoordinasi terhadap pihak terkait serta langsung melakukan upaya pencarian bersama-sama dengan Satgas SAR, BPBD Kab. Aceh Selatan serta Nelayan setempat.

"Dalam upaya pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan dan Nelayan, Selasa malam membuahkan hasil dengan ditemukannya tiga nelayan yang dinyatakan hilang sejak senin lalu dalam keadaan selamat. Ketiga nelayan beserta boat robinnya ditarik dan tiba di TPI Pasie Seubadeh pada Rabu dinihari tadi" pungkas Danlanal mengakhiri keterangannya.

Ketiga nelayan yang hilang kontak sejak senin sore menuturkan bahwa mereka kehilangan kontak dikarenakan adanya kerusakan mesin boat robin yang digunakannya dan boat tersebut terbawa arus hingga akhirnya ditemukan di Perairan Pulau Banyak oleh rekan sesama nelayan yang turut serta dalam upaya pencarian bersama tim SAR Gabungan.

Ditemukannya ketiga nelayan yang dinyatakan hilang kontak serta sudah kembali kepada keluarganya masing-masing maka Operasi SAR yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan resmi dinyatakan ditutup oleh Ketua Satgas SAR Aceh Selatan. (Letda Laut S Mega Patinurjaya Papen Dinas Penerangan Lantamal I).

Tidak ada komentar