Babinsa Tanjung Tengah Berikan Pendampingan Pengelola Pembibitan Udang Jenis Windu


Penajam.Metro Sumut
Seorang Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) selain sebagai ujung tombaknya satuan territorial juga harus selalu ada ditengah-tengah masyarakat , bilamana dibutuhkan maupun tidak. Hal ini menunjukan kedekatanya dengan masyarakat dalam menjaga wilayah teritorialnya tetap aman dan kondusif.

Salah satunya yang di lakukan oleh Serda Herry Babinsa Koramil 0913-01 Penajam Kodim 0913/PPU yang mempunyai wilayah di Kelurahan Tanjung Tengah, melaksanakan kegiatan Komsos dengan Ridwansyah atau Iwan ( 40 ) selaku pengelola balai benih udang Benur Lestari (BL) jenis Windu yang berlokasi di RT 04 jln Keramat Kelurahan Tanjung Tengah Kecamatan Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Kamis (12/3/2020).

Dalam pembibitan udang jenis Windu diwilayah Kelurahan Tanjung Tengah ini merupakan salah satu komoditas lokal yang cukup menjanjikan, pasalnya melalui pembibitan itu petani tambak bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan.

Pelaksanaan komsos ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan oleh Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan selain itu juga sebagai sarana mempererat hubungan antara TNI dengan rakyat.

Ridwansyah mengatakan ,”Balai Benih Udang Benur Lestari (BL) Terdiri 10 bak PL 9/10, dan di jual sampai Kota Banjar Kalimanatan Selatan (Kalsel), ini merupakan peninggalan dari orang tua kami sebagai anaknya harus meneruskan usaha dari almarhum  dan kami di bantu oleh dua pekerja,serta bibit udang ini bisa di jual ke nelayan setelah umur 28 hari dengan harga per ekor dengan 30 rupiah sementara untuk induk udang kita beli juga dari nelayan,tentang,’ceritanya.

“Sebab selain harganya cukup stabil perawatan tidak terlampau sulit, sangat potensial untuk di ekpor tapi untuk lokal juga ada,” ungkap Ridwansyah.

Sementara itu Serda Herry  menambahkan,“Sudah semestinya Babinsa harus selalu di tengah-tengah masyarakat binaannya supaya komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik, sehingga apabila terjadi hal-hal yang menonjol dapat terdeteksi secara dini dan cepat untuk menentukan langkah untuk menyelesaikannya,”terang Babinsa.

Di tempat terpisah Kegiatan Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud saat di konfirmasi media  mengatakan ,”komsos yang di lakukan oleh Para Babinsa merupakan salah satu sarana komunikasi sosial yang dilaksanakan satuan kewilayahan Koramil dengan tujuan untuk merekatkan hubungan para Babinsa dan masyarakat serta para karyawan Ini untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,’tegas Dandim. (Sumber Penrem 091/ASN).

Tidak ada komentar