Wali Kota Medan Terima Kunjungan FKUB Kabupaten Bungo

Medan.Metro Sumut
Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, MM menerima kunjungan kerja dan silaturrahmi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi di Kantor Walikota Medan, Kamis (18/7). Diharapkan kunjungan ini dapat menjadi wadah untuk berbagi dan mendapatkan informasi dalam menjaga keharmonisan beragama di kedua daerah.

Rombongan FKUB Kabupaten Bungo yang dipimpin Wakil Bupati Bungo, H. Syafruddin Dwi Aprianto, S.Pd. Hadir mendampingi Sekda, Kepala Kesbangpol Sulaiman Harahap, Kabag Agama Adlan, S.Pd dan perwakilan dari FKUB Kota Medan.

Dalam membacakan sambutan Wali Kota, Sekretaris Daerah Kota Medan menjelaskan sekilas gambaran umum Kota Medan dengan luas 26.510 hektare, 21 Kecamatan, 151 Kelurahan, 2001 kepala lingkungan dengan jumlah penduduk 2,9 juta jiwa dengan arus komuter lebih kurang 500 ribu, yang terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama, namun tetap hidup berdampingan.

Dijelaskan Sekda Kota Medan, sebagai salah satu pusat perekonomian regional terpenting di Pulau Sumatera dan salah. satu dari tiga kota metropolitan baru di Indonesia, memiliki kedudukan, fungsi dan peranan strategis sebagai pintu gerbang utama bagi kegiatan jasa perdagangan dan keuangan secara regional/internasional di kawasan barat Indonesia, karenanya pembangunan Kota Medan diarahkan menjadi kota jasa, industri, perdagangan dan juga kota pendidikan.

Menurutnya Sekda Pembangunan Kota Medan dilaksanakan dengan visi menjadi kota masa depan Yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera, dan religius, dengan misinya antara lain menumbuhkembangkan stabilitas, kemitraan, partisipasi dan kebersamaan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan kota.

"Pemerintah Kota Medan sangat bersyukur atas keharmonisan yang ada di Medan. Dengan modal sosial yang cukup besar ini, tentunya akan semakin memacu semangat dalam membangun Kota Medan. Apalagi masyarakat yang multi etnis ini pun turut mendukung",Kata Sekda.

Kemudian Sekda Menjelaskan bahwa penduduk Kota Medan saat berjumlah hampir 3 juta jiwa. Dari jumlah itu sebesar 67,8 persen agama Islam, 18,1 persen pemeluk agama Kristen Protestan, 10.1 persen pemeluk agama Budha, 0,17 persen agama Hindu dan 4,52 persen pemeluk agama Kristen Khatolik.

“Alhamdulillah warga yang terdiri dari berbagai agama, suku dan etnis ini dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai, sehingga Kota Medan selama ini relatif dalam suasana kondusif", jelas Wiriya Alrahman.

Sementara itu, Wakil Bupati Bungo, H. Syafruddin Dwi Aprianto, S.Pd yang juga merupakan Penasehat FKUB Kabupaten Bungo, menjelaskan bahwa kunjungannya bertujuan untuk mendapatkan info dan menggali keberhasilan Medan dalam menjaga kerukunan walau masyarakatnya majemuk. Artinya selain silaturahmi juga untuk memperluas wawasan tentang kerukunan beragama. Sebab, ibukota Provinsi Sumatera Utara ini telah menjadi contoh nasional terkait masalah kerukunan hidup beragama.

“Kami ingin mempelajari metode kerukunan kehidupan beragama tersebut dan akan menerapkannya di Kabupaten Bungo, guna menjaga kerukunan hidup beragama sekaligus menyelesaikan kemungkinan permasalahan yang muncul akibat kehidupan beragama tersebut,” jelas Wakil Bupati. (Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan).

Tidak ada komentar