Operasi Gerhana, Sinergi Aparat Penegak Hukum Berantas Penyelundupan

Belawan.Metro Sumut
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menggelar operasi patroli laut dengan sandi “Operasi Gerhana”. Operasi yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi ini (7/4), akan berlangsung satu bulan mulai tanggal 7 April sampai dengan 6 Mei 2016.

Heru menjelaskan bahwa upaya pemberantasan penyelundupan dilakukan dengan meningkatkan koordinasi internal Bea Cukai dan koordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya. “Sinergi internal terus ditingkatkan, dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya juga harus terus ditingkatkan”.

Heru juga memaparkan bahwa upaya pemberantasan penyelundupan yang dilakukan oleh jajaran Bea Cukai salah satunya dilatarbelakangi dengan adanya perintah langsung Presiden Joko Widodo. Presiden setidaknya telah empat kali memerintahkan langsung kepada Bea Cukai mengenai upaya pemberantasan penyelundupan dengan melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya.

Pemberantasan penyelundupan melalui laut yang dilakukan oleh Bea Cukai dan aparat penegak hukum lainnya dalam triwulan pertama tahun 2016 telah berhasil menindak sebanyak 30 kasus. “Kalau upaya pemberantasan dilakukan secara konsisten, maka saya yakin penindakan sampai dengan akhir tahun 2016 akan maksimal”.

Operasi akan dilaksanakan di pesisir timur Pulau Sumatera dan berada di bawah kendali Direktorat Penindakan dan Penyidikan Kantor Pusat Bea Cukai dengan melibatkan unsur-unsur kapal patroli dari Kantor Wilayah DJBC Aceh, Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Kantor Wilayah DJBC Riau Dan Sumatera Barat, Kantor Pelayanan Utama DJBC Tipe B Batam, Pangkalan Sarana Operasi Bea Dan Cukai Tipe A Tanjung Balai Karimun, dan Pangkalan Sarana Operasi Bea Dan Cukai Tipe B Batam.

Sedangkan untuk Sarana yang dipergunakan dalam operasi tersebut adalah 6 (enam) kapal Fast Patroli Boat (FPB) 28 meter, 8 (delapan) kapal speed boat dan 2 (dua) kapal Very Slender Vessel (VSV) dengan jumlah total 16 (enam belas) kapal patroli bea dan cukai.(Hamnas)

Tidak ada komentar