Belawan International Container Terminal (BICT) Tertibkan Program K3

Belawan.Metro Sumut
Belawan International Container Terminal (BICT) semakin menertibkan program kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Setiap pekerja di wilayah kerja terminal peti kemas BICT harus menggunakan peralatan kerja. Kamis (24/03/2016).

Informasi yang dihimpun Media ini, General Manager Belawan International Container Terminal. Yarham Harid, ST, MM melalui Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo 1 BICT Tengku Irfansyah mengatakan sejak awal Februari 2016 seluruh pekerja organik maupun non-organik termasuk tenaga kerja bongkar muat (TKBM) Pelabuhan Belawan yang dikelola Primko TKBM Upaya Karya Pelabuhan Belawan harus menggunakan peralatan kerja seperti helm, rompi dan pengaman lainnya termasuk harus memakai sepatu. Jika tidak mereka kita suruh keluar dari wilayah kerja BICT “ Katanya.

Lanjut Irfansyah, Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja apalagi terminal peti kemas BICT adalah pelabuhan internasional yang ramai dikunjungi kapal asing. "Kita harus menjaga image BICT di mata luar karena BICT ramai disinggahi kepal-kapal dari dunia luar, rencana penertiban program K3 tersebut terlebih dulu disosialisasikan kepada para pekerja. Untuk TKBM Pelabuhan Belawan disampaikan melalui perwakilan yakni Primko TKBM “ Ucapnya.

Irfansyah menjelaskan, Bagi pekerja BICT seperti pekerja organik dan non-organik, Pelindo 1 BICT menyediakan peralatan kerja standard. Bahkan bagi TKBM yang tidak membawa peralatan kerja, Pelindo 1 BICT juga menyediakannya agar operasional pelabuhan tidak sampai terganggu, Bagi TKBM yang tidak punya atau tidak membawa peralatan kerja, kita sediakan dengan sistem pinjam. Jika sudah habis beraktivitas, peralatan kerja tersebut dikembalikan “ Jelasnya.

Irfansyah menambahkan, Program awal Pelindo 1 BICT di tahun 2016 kata Irfansyah adalah menertibkan pemberlakuan K3 meskipun selama ini tingkat keamanan aman, Pemilik barang juga tidak perlu khawatir atas barangnya yang berada di wilayah kerja BICT karena seluruh barang tersebut diasuransikan Pelindo 1 BICT. "Baik barang ekspor maupun impor di BICT diasuransikan sehingga keamanannya terjamin dan pemilik barangpun suka memasuk barang melalui BICT “ Tambahnya.(Hamnas).

Tidak ada komentar