PT Jasa Marga Cabang Belmera Salurkan Pinjaman Kemitraan Rp 1,1 Miliar

Medan.Metro Sumut
Sebanyak 33 mitra binaan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekitar kawasan jalan tol Belmera yang berada di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumut kembali mendapatkan dana pinjaman kemitraan dari PT Jasa Raharja (Persero), Tbk periode tahun 2015. Pertumbuhan dan ketepatan jadwal pengembalian dana yang diberikan menjadi parameter usaha mendapatkan kembali dana pinjaman tersebut.

Informasi yang dihimpun Media ini, GM PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Belmera, Setia Budi pada acara seremonial penyaluran pinjaman kemitraan tahun 2015 dikantornya, Senin (15/6),“  Peserta mitra binaan kali ini adalah lanjutan. Dari 53 yang dievaluasi, hanya 33 yang mendapat kesempatan lanjutan ” Katanya.

Dijelaskannya, pemberian pinjaman mitra binaan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini ditentukan oleh kantor pusat, dikantor pusat dibagi keseluruh cabang, mulai dari Medan hingga Surabaya dan besarannya berdasarkan kinerja,“ Kinerja mitra binaan tahun sebelumnya. Medan ini masuk dalam peringkat lima tingkat pengembalian pinjaman, karena itu cabang Belmera diberikan kepercayaan untuk kembali menyalurkan pinjaman binaan, lebih kurang Rp 1,1 miliar untuk 33 mitra ” Jelas Setia dan Juga disampaikannya, bahwa untuk mitra binaan yang baru di Wilayah kerjanya masih dilakukan tahapan evaluasi.

Menciptakan dan membangun sektor-sektor UMKM yang mandiri menjadi program pemerintah saat ini. Untuk itulah bagi setiap BUMN diwajibkan menyalurkan sebagian dari keuntungannya untuk pengembangan UMKM melalui pinjaman kemitraan. PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga saat ini mencatat sekitar 22.300 usaha kecil yang menjadi mitranya,“ Secara bisnis, ini tidak ada kaitannya dengan PT Jasa Marga, namun ini menjadi kewajiban bagi kami untuk mendukung program pemerintah ” Ujar Vice Presiden  Community Development Program Enkky Sasono.

Saat ini persentase jumlah pelaku UMKM yang mandiri di Indonesia masih dikisaran 1 persen, sangat jauh dengan Singapura yang mencapai 8 persen dari jumlah penduduknya. Padahal, negara yang memiliki usaha kecil yang mandiri dalam jumlah besar akan memiliki stabilitas ekonomi yang lebih baik, dan ditekankannya bahwa pengurangan jumlah penerima pinjaman tahun ini dibanding tahun lalu bukan niat mengurangi, namun untuk mengutamakan yang prioritas.

Selain memberikan pinjaman, PT Jasa Marga juga akan melakukan pembinaan lewat pelatihan-pelatihan yang akan diselenggarakan. Harapannya, agar usaha-usaha bisa mandiri ke depan, diharapkan Enkky, warga sekitar kawasan jalan tol agar menjaga kebersihan dan ketertiban bersama. Selain menjadi mitra dalam pemberian pinjaman, warga sekitar juga diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan,“ Di Medan saya lihat cukup bersih. Mohon itu tetap dijaga ke depan. Tapi juga kami berharap agar pagar pembatas juga dijaga ” Ungkapnya.

Sementara itu dalam laporannya, Deputy General Manager  Agus Kusnadi menyampaikan hingga saat ini ada sekitar 15 ribu mitra binaan sejak program ini ada di Sumut, Sesuai dengan usulan kami ada 53 calon mitra  dan setelah disurvey dan seleksi didapatkan 42 mitra binaan yang diseleksi. Dan disetujui 33 mitra binaan yang terdiri dari sektor perdagangan 17 mitra binaan (47%), jasa 6 mitra binaan (19%), Industri 9 mitra binaan (29,49%), dan peternakan 1 mitra binaan (3,85%).(Hamnas).



Tidak ada komentar