Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Sukorejo Dampingi Giat Vaksinasi Hewan Ternak Sapi Di Wilayah Binaannya


Blitar.Metro Sumut
Sebagai upaya untuk mecegah terjadinya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah binaannya, Babinsa Koramil Tipe B 0808/01 Sukorejo Kodim 0808/Blitar Serka Nurkotib, melaksanakan kegiatan pendampingan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi milik warga masyarakat, yang dilakukan oleh dinas terkait bertempat di wilayah Kelurahan Sentul Kec. Kepanjenkidul Kota Blitar, Senin (1/8/2022).

Serka Nurkotib mengatakan, bahwa pada saat ini Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tengah melanda keseluruh penjuru wilayah, terutama terhadap hewan ternak sapi.

Untuk itu saya berharap kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak sapi, agar selalu memperhatikan kebersihan hewan dan kandangnya.

Danramil Tipe B 0808/01 Sukorejo Kodim 0808/Blitar Kapten Kav Eko Wahyudiono saat ditemui ditempat terpisah, berpesan kepada para peternak sapi, agar senantiasa menjaga kesehatan hewan ternak miliknya.

Dengan selalu memperhatikan sekelilingnya, baik lingkungan kandang serta saluran pembuangan kotoran dan sisa makanan, hal ini sekaligus sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran PMK yang lagi mewabah pada saat ini, tuturnya. 

Kapten Kav Eko menambahkan, apabila ada hewan ternak yang kelihatan sakit, agar segera dipisahkan dari hewan ternak yang lain atau dikarantina dulu, dengan tujuan agar tidak menular ke hewan ternak yang lainnya.

Serta supaya dilaporkan ke dinas terkait, dengan harapan dapat segera ditangani dan tidak berakibat fatal, tegasnya (Dim0808).




Tidak ada komentar